Sistem Perekrutan Pegawai Melalui Program Magang Mulia Dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia Di Bank Muamalat Kantor Cabang Jember

Istiqomah, Ayu (2023) Sistem Perekrutan Pegawai Melalui Program Magang Mulia Dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia Di Bank Muamalat Kantor Cabang Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi_Ayu_Istiqomah_E20191128 revis sidang (Repaired).pdf

Download (3MB)

Abstract

Pada era persaingan global saat ini, perusahaan terus berinovasi dalam mencari cara dalam meningkatkan sumber daya manusia, salah satu metode perekrutan di berbagai perusahaan yang digunakan yaitu program magang. Dengan berbagai seleksi demi mendapatkan karyawan ataupun pekerja yang kompeten, perusahaan semaksimal mungkin melakukan proses yang beragam, termasuk pada Bank Muamalat yang dalam sistem perekrutan karyawan menggunakan sistem magang yang dinamakan magang mulia dengan tujuan mendapatkan hasil yang maksimal.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini: 1) Bagaimana Sistem perekrutan pegawai melalui program magang dalam meningkatkan sumber daya manusia di Bank Muamalat Kantor Cabang Jember, 2) Apakah keuntungan dari sistem perekrutan pegawai melalui program magang dalam meningkatkan sumber daya manusia di Bank Muamalat Kantor Cabang Jember, 3) Bagaimana perbandingan pegawai yang bekerja melalui program magang dengan pegawai yang pekerja tidak melalui program magang.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualiatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di Bank Muamalat Kantor Cabang Jember. Dalam menentukan informan penelitian ini menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dengan wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentasi.Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa sistem perekrutan pegawai yang menggunakan program magang mulia disebarkan seluas-luasnya melalui berbagai platform digital dengan dua posisi yaitu Teller dan Customer Service yang melalui 5 tahap seleksi yaitu, administrasi, interview, tes psiko, tes kesehatan dan teken kontrak dengan masa jabatan satu tahun perpanjangan maksimal 3 tahun. Keuntungan yang didapatkan bagi perusahaan yaitu semangat etos kerja yang sangat tinggi karena dengan adanya pembaharuan setiap tahun atau 3 tahun sekali membuat perusahan merasa diuntungkan. Terkait perbandingan sistem rekrutmen karyawan dengan sistem yang lain yaitu sistem regular yang diperuntukkan untuk posisi bagian bisnis atau mikro yang memberikan efek jangka panjang yaitu karena rekrutmen mikro dilakukan untuk jangka panjang dengan jabatan pegawai tetap, menurut perusahaan cenderung mengurangi etos dan semangat kerja pada pegawai. Untuk itu, magang mulia merupakan solusi yang sangat efektif dan dapat diterapakan untuk menjaga kinerja karyawan perusahaan khususnya pada posisi Teller dan Customer Service.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services > 150499 Commercial Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: ayu istiqomah ayu
Date Deposited: 05 Jul 2023 08:23
Last Modified: 05 Jul 2023 08:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25157

Actions (login required)

View Item View Item