IMPLEMENTASI PROGRAM BIMBINGAN ANAK AUTIS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIALISASI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LUAR BIASA NEGERI BRANJANGAN KABUPATEN JEMBER

Audinah, Rahmaniyah (2023) IMPLEMENTASI PROGRAM BIMBINGAN ANAK AUTIS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIALISASI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LUAR BIASA NEGERI BRANJANGAN KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rahmaniyah Audinah_D20193030.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rahmaniyah Audinah, 2023 : Implementasi Program Bimbingan Anak Autis Dalam Meningkatkan Sosialiasi Di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Negeri Branjangan Kabupaten Jember

Kata Kunci : Program bimbingan, kemampuan sosialisasi, anak autis Sosialisasi merupakan salah satu kekurangan yang hampir dimiliki oleh setiap anak autis, termasuk anak autis di SMPLBN Branjangan Jember. Adapun gangguan sosialisasi yang ada pada mereka seperti kurangnya kontak mata, kurangnya kemampuan komunikasi, perilaku yang kurang baik dan dilakukan berulang ulang, dan juga kurangnya fokus. Gangguan yang dialami anak autis membuat mereka sulit melakukan interaksi dengan orang sekitar. Fokus masalah yang diteliti adalah : 1) Bagaimana pelaksanaan program bimbingan dalam meningkatkan kemampuan sosialisasi pada Anak Autis di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Negeri Branjangan Kabupaten Jember?. 2) Apa saja problem implementasi program bimbingan dalam meningkatkan kemampuan sosialisasi pada Anak Autis di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Negeri Branjangan Kabupaten Jember?. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pelaksanaan program bimbingan dalam meningkatkan kemampuan sosialisasi pada anak autis di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Negeri Branjangan Kabupaten Jember. 2) Untuk mengetahui apa saja problem implementasi program Bimbingan dalam meningkatkan kemampuan sosialisasi pada anak autis di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Negeri Branjangan Kabupaten Jember. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini di tentukan secara puposive. Adapun yang menjadi responden adalah kepala sekolah, ketua jurusan autis, guru pendamping kelas autis, 2 wali murid autis, dan 2 peserta didik autis. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Humberman dengan langkah kondensi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan penelitian ini menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan : 1) pelaksanaan program bimbingan dalam meningkatkan kemampuan sosialisasi anak autis di SMPLBN Branjangan menggunakan metode ABA. Guru autis di SMPLBN Branjangan Jember selalu melibatkan orang tua dalam setiap proses bimbingan. 2) kendala yang dialami oleh guru saat pemberian bimbingan dikelompokkan menjadi tiga faktor, faktor pertama dari siswa autis seperti tidak bisa mengikuti intruksi dari guru dan suasana hati siswa autis yang gampang berubah. Faktor kedua adalah minimnya tenaga pengajar. Sedangkan faktor yang ketiga adalah minimnya fasilitas pendukung seperti ruang belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ms Rahmaniyah Audinah
Date Deposited: 06 Jul 2023 07:27
Last Modified: 06 Jul 2023 07:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25264

Actions (login required)

View Item View Item