Implementasi kesetaraan Gender dalam Pembelajaran Fikih di Ma’had Aly Nurul Qarnain

Hakimatul, Karimah (2023) Implementasi kesetaraan Gender dalam Pembelajaran Fikih di Ma’had Aly Nurul Qarnain. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
HAKIMATUL KARIMAH 203206030005.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata kunci : Pendidikan, Gender. Pembelajaran fikih
Berbagai teks-teks kitab kuning yang bersangkutan dengan aspek teologi
dan hukum banyak mengandung paham patriarkis yang mengedepankan laki-laki.
Kitab kuning tersebut menjadi tolak ukur mayoritas umat islam dalam membuat
standar normatif yang baku (al-Maraji’ al-Mu’tabarat) sampai saat ini. Begitu di
Ma’had Aly Nurul Qarnain kajian utama adalah kitab Fikih.
Berbagai teks-teks kitab kuning yang bersangkutan dengan aspek teologi
dan hukum banyak mengandung paham patriarkis yang mengedepankan laki-laki.
Kitab kuning tersebut menjadi tolak ukur mayoritas umat islam dalam membuat
standar normatif yang baku (al-Maraji’ al-Mu’tabarat) sampai saat ini. Begitu di
Ma’had Aly Nurul Qarnain kajian utama adalah kitab Fikih.
Penelitian ini berfokus pada 1) Bagaimana kesetaraan Akses dalam
pembelajaran fikih di Mahad Aly Nurul Qarnain? 2) Bagaimana kesetaraan
Partisipasi dalam pembelajaran fikih di Mahad Aly Nurul qarnain? 3) Bagaiaman
kesetaraan Kontrol dalam pempelajaran fikih di Mahad Aly Nurul Qarnain? 4)
Bagaimana kesetaraan Manfaat dalam pembelajaran fikih di Mahad Aly Nurul
Qarnain? Yang bertujuan untuk; 1) Mendeskripsikan kesetaraan Akses dalam
pembelajaran fikih di Mahad Aly Nurul Qarnain. 2) Mendeskripsikan kesetaraan
partisipasi dalam pembelajaran fikih di Mahad Aly Nurul Qarnain. 3)
Mendeskripsikan kesetaraan kontrol dalam pembelajaran fikih di Mahad Aly Nurul
Qarnain. 4) Mendeskripsikan kesetaraan manfaat dalam pembelajaran fikih di
Mahad Aly Nurul Qarnain. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang dianalisa
sesuai teori Matthew B. miles dan Huberman dan Junny Saldana, Lokasi penelitian
di Ma’had Aly Nurul Qarnain, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
dokumentasi, dan wawancara. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber,
triangulasi metode, uji konfirmabilitas. Tahapan penelitian dilakukan dengan 3
tahap, tapap pra lapangan, tahap ketika penelitian lapangan dan tahap pasca
penelitian lapangan.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) Mahasiswa dan mahasiswi tidak ada
pengecualian dalam mengakses atau menggunakan baik materi ataupun fasilitas di
ruang kuliah. 2) Pada perkuliahan mahasiswi tidak aktif berpendapat, namun
mahasiswi aktif berperan dan berpartisipasi. 3) Mahasiswi lebih mampu menarik
perhatian audiens yang lain. Namun mampu menguasai jalannya diskusi secara
optimal.4) Mahasiswi mampu mengaplikasikan materi diluar ruang kuliah dengan
menulis di majalah atau menjadi tutor atau narasumber pada event di asrama.
Mahasiswi tidak ada batasan dalam menggunakan atau memanfaatkan fasilitas yang
ada.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160807 Sociological Methodology and Research Methods
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Hakimatul Karimah
Date Deposited: 07 Jul 2023 01:57
Last Modified: 07 Jul 2023 01:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25282

Actions (login required)

View Item View Item