IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH AL-AMIEN AMBULU

Zainuri, Munim (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH AL-AMIEN AMBULU. Masters thesis, UIN Kiai HajiAhmad Siddiq.

[img] Text
TESIS WATERMARK BARU.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://Jurnalpasca.iain-jember.ac.id/ejurnal/index...

Abstract

ABSTRAK
Munim, Zainuri., 2023. Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Al-Amien Ambulu. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana UIN KHAS Jember. Pembimbing I Prof. Dr. Hj. Mukni’ah,M.Pd.I. Pembimbing II Dr. Mukaffan M. Pd.I.
Kata kunci: Model Discovery Learning, Pembelajaran Akidah Akhlak
pembelajaran Discovery learning suatu pembelajaran yang memberikan pemahaman kepada siswa dalam kegiatan pembelajaran melalui tiga tahapan. Untuk menghasilkan keyakinan yang kuat terhadap agama dan di terapkan pada kepribadian serta tingkah laku yang di wujudkan dalam kehidupan sehari-hari.
Adapun yang menjadi fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Perencanaan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Al-Amien Ambulu? 2) Bagaimana Pelaksanaan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Al-Amien Ambulu? 3) Bagaimana EvaluasiDiscovery Learning Pada Pembelajaran Akidah Akhak di Madrasah Aliyah Al Amien Ambulu?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Menganalisis Perencanaan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Al-Amien Ambulu. 2) Menganalisis Pelaksanaan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Al-Amien Ambulu. 3) Menganalisis dan menganalisis Evaluasi Penerapan Discovery Learning Pada Pembelajaran Akidah Akhak di Madrasah Aliyah Al Amien Ambulu.
Teori dalam penelirtian ini menggunakan teori menurut Bruner. Menurut Bruner Discovery learning sangat berpengaruh terhadap kognitif peserta didik. Kognitif seseorantg terjadi melalui tiga tahap. Pertama yaitu Enaktif, kedua Ikonik, yang ketiga Simbolik
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik penentuan subjek menggunakan purposive. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah berikut : kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, sedangkan untuk menguji keabsahan data yang diperoleh peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1) Perencanaan pembelajaran Akidah Akhlak dengan menggunakan model discovery learning di MA Al Amien Ambulu Jember yaitu membuat silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang didalamnya terdiri dari langkah-langkah pembelajaran model Discovery Learning. 2) Pelaksanaan Pembelajaran Akidah Akhlak dengan menggunakan model discovery learning di MA Al Amien Ambulu Jember yaitu pertama, kegiatan pendahuluan yaitu salam, berdoa, absensi siswa, stimulasi dan pernyataan masalah; kedua, kegiatan inti yaitu “a) pengumpulan data b) pemerosesan data dan c) verifikasi ; dan ketiga, kegiatan penutup yaitu generalisasi, memberi tugas individu di rumah dan berdoa serta salam penutup; 3) Evaluasi pembelajaran akidah akhlak dengan menggunakan model discovery learning di MA Al Amien Ambulu Jember yaitu menggunakan evaluasi formatif berupa tes objektif bentuk pilihan ganda dan penilaian sikap

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mr muhammad zainuri munim
Date Deposited: 07 Jul 2023 00:49
Last Modified: 07 Jul 2023 00:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25289

Actions (login required)

View Item View Item