Analisis Pembiayaan Modal Kerja Dan Investasi Pada KUR Mikro Di Bank Syariah Indonesia KCP Banyuwangi S Parman

Wardatus, Soleha (2023) Analisis Pembiayaan Modal Kerja Dan Investasi Pada KUR Mikro Di Bank Syariah Indonesia KCP Banyuwangi S Parman. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSIKU terakhir.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Wardatus Soleha, Dr. Abdul Rokhim, 2023: Analisis Jenis Usaha Nasabah Pada Pembiayaan Kur Mikro di Bank Syariah Indonesia KCP Banyuwangi S.Parman
Kata Kunci: Pembiayaan Modal dan Investasi, Pembiayaan Kur Mikro
Pembiayaan modal kerja merupakan pembiayaan yang digunakan untuk memenuhi modal kerja yang biasanya habis dalam satu siklus usaha seperti kebutuhan bahan baku dan pembelian barang-barang dagangan. Pembiayaan investasi, diberikan kepada nasabah untuk pengadaan barang-barang modal (aset tetap) yang mempunyai nilai ekonomis lebih dari satu tahun.
Fokus penelitian pada skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana prosedur pembiayaan BSI KUR Mikro di Bank Syariah Indonesia KCP Banyuwangi S.Parman? 2) Bagaimana Analisis Pembiayaan Modal Kerja dan Investasi Kur Mikro di Bank Syariah Indonesia KCP Banyuwangi S.Parman?
Tujuan penelitian ini untuk 1) mengetahui prosedur pembiayaan BSI KUR Mikro di Bank Syariah Indonesia KCP Banyuwangi S.Parman. 2) mengetahui analisis Pembiayaan Modal Kerja dan Investasi KUR mikro di Bank Syariah Indonesia KCP Banyuwangi S.Parman.
Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik penentuan subyek penelitian menggunakan Teknik Purposive. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan menggunakan triangulasi sumber.
Adapun hasil penelitian ini Bank Syariah Indonesia KCP Banyuwangi S.Parman yakni 1) Syarat pengajuan pembiayaan KUR Mikro meliputi Foto copy KTP pemohon, foto copy Kartu Keluarga, surat keterangan usaha, dan jaminan dapat berupa BPKB atau sertifikat serta telah melakukan usaha secara aktif minimal 6 bulan. Tahapan pembiayaan BSI KUR mikro di Bank Syariah Indonesia KCP Banyuwangi S.Parman ini sudah sesuai dengan standar operasional prosedur. Di mana meliputi tahap permohonan pembiayaan, tahap analisis pembiayaan, tahap pemberian putusan pembiayaan, dan tahap pencairan/akad pembiayaan. 2) Dalam memberikan pembiayaan KUR Mikro di Bank Syariah Indonesia KCP Banyuwangi S.Parman jenis pembiayaan yang diberikan yakni pembiayaan modal kerja dan pembiayaan investasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Wardatus Soleha Soleha
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:41
Last Modified: 07 Jul 2023 02:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25423

Actions (login required)

View Item View Item