Pembangunan Ekonomi Desa Pacuh Kabupaten Gresik Di Era Pandemi Covid-19

Nuriyah, Ulyatun (2023) Pembangunan Ekonomi Desa Pacuh Kabupaten Gresik Di Era Pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Ulyatun Nuriyah_E20192096.pdf

Download (3MB)

Abstract

Urgensi pembangunan Desa dalam pembangunan ekonomi adalah memandang desa sebagai basis potensial kegiatan ekonomi haruslah menjadi paradigma baru dalam program pembangunan ekonomi Indonesia secara keseluruhan. Perubahan kondisi internal dan ekternal yang terjadi menuntut kebijakan yang tepat dan matang dari para pembuat kebijakan dalam upaya pengembangkan potensi wilayah pedesaan. Sudah saatnya menjadikan Desa sebagai motor utama penggerak roda perekonomian melalui sektor pertanian.
Fokus Penelitian ini mengkaji lebih dalam mengenai (1) Bagaimana Perencanaan dan Pembangunan Ekonomi Desa Pacuh Kabupaten Gresik di Era Covid-19, (2) Bagaimana Hambatan dan Tantangan Pembangunana Ekonomi Desa Pacuh Kabupaten Gresik di Era Pandemi Covid-19 serta (3) Apa Dampak Dari Pembangunan Ekonomi Desa Pacuh Kabupaten Gresik di Era Pandemi Covid-19.
Tujuan Penelitian ini yaitu; (1) Mengetahui perencanaan dan pembangunan Ekonomi Desa Pacuh Kabupaten Gresik di Era Covid-19, (2) Mengetahui Hambatan dan Tantangan Pembangunana Ekonomi Desa Pacuh Kabupaten Gresik di Era Pandemi Covid-19 serta (3) Mengetahui Dampak dari pembangunan ekonomi Desa Pacuh Kabupaten Gresik di Era Pandemi Covid-19.
Penelitian ini menggunaka jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang menggunakan metode pengumpulan data yakni, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Lokasi Penelitian bertempat di Desa Pacuh, Kabupaten Gresik. Tahap analisis data yakni; pengumpulan data, Reduksi Data, Penyajian Data dan Verifikasi. Teknik yang digunakan dalam meguji keabsahan data dengan tekni triangulasi.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Dalam perencanaannya Pemerintah Desa Pacuh melakukan Musdes, dan dalam pelaksanaannya yakni, memfasilitasi pertanian, menimbang diketahui pertanian sebagai mata pencaharian terbesar di Desa Pacuh, fasilitas yang diberikan yakni; pembangunan irigasi, subsidi pupuk, pemodalan melalui kartu tani. Pemerintah Desa Pacuh juga mengelola sumber daya alam seperti yang diketahui terdapat tiga waduk besar, waduk tersebut selain menjadi sumber air untuk pengairan sawah juga dikelola menjadi wisata pemancingan dan nyusuk. (2) Dalam pelaksanaannya hambatan dan tantangan adalah berkaitan keuangan/dana, Hambatan pembangunan Ekonomi Desa Pacuh di era Covid-19 yakni pengeprasan dana, pemerintah Desa Pacuh dalam mengelola keuangan Desa diharuskan lebih cermat, menimbang covid lebih urgent dari lainnya dan tantangan dalam pelaksanaan pembangunan yakni keharusan mencari dana talangan dalam proses pembangunan, pencairan dana terdapat dua tahap sedangkan dalam mengajukan tahap kedua pembangunan harus telah dilaksanakan 50% (3) Dampak Positifnya, Pertanian di Desa Pacuh selalu berhasil, para petani selalu panen dengan hasil panen yang bagus dan juga Desa menjadi Desa Maju mulai dari tahun 2020 dan masih mempertahankan statusnya hingga saat ini.

Kata Kunci : Pembangunan Ekonomi, Ekonomi Desa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140218 Urban and Regional Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Ulyatun Nuriyah
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:24
Last Modified: 07 Jul 2023 02:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25438

Actions (login required)

View Item View Item