Implementasi Strategi Marketing Pemberian Hadiah Dalam Menarik Minat Nasabah Baru Di Bank BRI Kantor Cabang Jember

Shapira, Dewi Manda (2022) Implementasi Strategi Marketing Pemberian Hadiah Dalam Menarik Minat Nasabah Baru Di Bank BRI Kantor Cabang Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI MANDA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Dewi Manda Shapira, Nurul Setianingrum S.E, M.M, 2023: Implementasi Strategi Marketing Pemberian Hadiah Dalam Menarik Minat Nasabah Baru Di Bank BRI Kantor Cabang Jember
Strategi pemasaran merupakan cara perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran. Dalam tujuan perusahaan harus secara jelas disebutkan berapa market share dan volume penjualan yang ingin dicapai. Dengan demikian strategi pemasaran adalah seluruh langkah untuk mencapai sasaran tertentu. Strategi pemasaran akan bisa berguna dengan optimal bila didukung dengan perencanaan yang terstruktur baik secara internal maupun eksternal.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi marketing pemberian hadiah yang dilakukan PT. Bank BRI Kantor Cabang Jember dalam menarik minat nasabah baru, apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi marketing pemberian hadiah PT. Bank BRI Kantor Cabang Jember dalam menarik minat nasabah baru.
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui strategi marketing pemberian hadiah yang dilakukan PT. Bank BRI Kantor Cabang Jember dalam menarik minat nasabah baru, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi marketing pemberian hadiah PT. Bank BRI Kantor Cabang Jember dalam menarik minat nasabah baru.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian menggunakan teknik purposive dan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi marketing pemberian hadiah yang digunakan oleh Bank BRI Kantor Cabang Jember dalam menarik minat nasabah baru, yaitu menggunakan bauran pemasaran. Bauran pemasaran yang digunakan yaitu, produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion), orang (people), bukti fisik (physical evidence), dan proses (process). Agar dapat memaksimalkan pemasaran yang dilakukan oleh PT. Bank BRI Kantor Cabang Jember dan mencapai tujuan dari sebuah pemasaran yang dikeluarkan oleh perusahaan tersebut. a. Faktor pendukung dalam penerapan strategi marketing di PT. Bank BRI Kantor Cabang Jember yaitu skill yang memadai khususnya pemasaan, segala bentuk perlengkapan (tools) untuk kepeluan mengenalkan poduk atau jasa. b. Faktor yang menjadi kendala PT. Bank BRI Kantor Cabang Jember dalam penerapan strategi pemasaran yaitu, kurangnya ketidaktauan masyarakat tentang produk, persaingan dengan perusahaan lain, masih banyak masyarakat yang belum menjadi nasabah PT. Bank BRI Kantor Cabang Jember.
Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Pemberian Hadiah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Dewi Manda Shapira
Date Deposited: 07 Jul 2023 07:27
Last Modified: 07 Jul 2023 07:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25476

Actions (login required)

View Item View Item