Analisis persaingan penjualan beras dipasar wringin kabupaten bondowoso

Hasyim, Hasyim (2023) Analisis persaingan penjualan beras dipasar wringin kabupaten bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas islam negeri KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
BANDEL HASIM.pdf

Download (18MB)

Abstract

Hasyim, Dr. Moch. Chotib, S.Ag., MM, 2023: Analisis Persaingan Penjualan Beras Di Pasar Wringin Kabupaten Bondowoso.

Persaingan perdagangan pada saat ini dilakukan dengan persaingan yang ketat karena relatif banyak barang yang sejenis yang ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Hal tersebut yang menjadikan produsen untuk dapat meningkatkan strategi pemasaran yang tepat dan sesuai agar ia dapat menghadapi situasi persaingan tersebut. Selain promosi yang gencar, yang penting juga adalah penetapan harga yang menarik dan membuatnya terjangkau oleh konsumen.
Berdasarkan latar belakang di atas penulis merumuskan fokus penelitian dalam penelitian ini, antara lain: 1. Bagaimana struktur pasar pada penjualan beras di pasar Wringin Kabupaten Bondowoso?. 2. Bagaimana model persaingan penjualan beras di pasar Wringin Kabupaten Bondowoso?. 3. Bagaimana implikasi model persaingan penjualan beras pada harga beras di pasar Wringin Kabupaten Bondowoso?.
Tujuan penelitian dari penelitian ini antara lain:1. Untuk mengetahui struktur pasar pada penjualan beras di pasar Wringin Kabupaten Bondowoso 2. Untuk mengetahui model persaingan penjualan beras di Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso. 3. Untuk mengetahui implikasi model persaingan penjualan beras pada harga beras di Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam menentukan informan peneliti menggunakan teknik purposive yaitu pertimbangan dalam memilih informan yang dianggap mengetahui informasi terkait permasalahan yang akan diteliti. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Struktur pasar pada penjualan beras di pasar Wringin Kabupaten Bondowoso tergolong dalam pasar persaingan sempurna, hal ini dikarenakan barang yang dijual bersifat homogen atau sama, terdapat banyak penjual dan pembeli, dan harga sangat dipegaruhi oleh kekuatan permintaan dan penawaran. 2. Model persaingan penjualan beras di pasar Wringin Kabupaten Bondowoso hanya menggunakan dua model yaitu, Trade Selling dan Missionarry Selling. 3. Implikasi model persaingan penjualan pada harga beras di pasar Wringin Kabupaten Bondowoso ini berjalan dengan sangat unik dan baik. Dimana para pedagang melakukan persaingan secara sehat, jujur, bahkan untuk menentukan harga awal pada setiap dagangannya akan diputuskan secara pribadi namun tetap melakukan koordinasi dan komunikasi antara pedagang yang satu degan yang lainnya.

Kata Kunci: Persaingan, Penjualan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr HASYIM HASYIM
Date Deposited: 07 Jul 2023 07:17
Last Modified: 07 Jul 2023 07:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25507

Actions (login required)

View Item View Item