Implementasi Bimbingan Pra Nikah Sebagai Upaya Mewujudkan Keluarga Sakinah Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun 2022

Hidayatulloh, Abd Wahab (2023) Implementasi Bimbingan Pra Nikah Sebagai Upaya Mewujudkan Keluarga Sakinah Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun 2022. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
ABD WAHAB HIDAYATULLOH 203206050003.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK

Abd Wahab Hidayatulloh, 2023. Implementasi Bimbingan Pra Nikah Sebagai Upaya Mewujudkan Keluarga Sakinah Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun 2022. Dosen Pembimbing I: Dr. Ishaq, M.Ag. Dosen Pembimbing II: Dr. Muhammad Faisol, S.S., M.Ag.
Kata Kunci: Implementasi, Bimbingan Pra Nikah, Keluarga Sakinah.
Peraturan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, bertujuan untuk menciptakan keluarga yang sakinah mawaddah warahmah dengan memberikan bekal berupa pengetahuan, pemahaman serta keterampilan dalam kehidupan berumah tangga. Semua tujuan yang tertera dalam aturan tersebut tidak lepas dari upaya mencapai tujuan syariat, masyarakat secara umum. Dengan ini penulis merasa perlu untuk melakukan kajian secara mendalam tentang bimbingan pranikah di KUA Kecamatan Puger Kabupaten Jember.
Penelitian ini memiliki fokus kajian meliputi 1) Bagaimana implementasi bimbingan pra nikah sebagai upaya mewujudkan keluarga sakinah di KUA Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun 2022 2) Bagaimana implikasi bimbingan pra nikah sebagai upaya mewujudkan keluarga sakinah di KUA Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun 2022? 3) Bagaimana faktor penghambat dan faktor pendukung implementasi bimbingan pra nikah sebagai upaya mewujudkan keluarga sakinah di KUA Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun 2022 2? 4) Apa celah kebijakan implementasi bimbingan pra nikah sebagai upaya mewujudkan keluarga sakinah di KUA Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun 2022? Tujuan penelitian ini 1) Untuk menganalisis implementasi bimbingan pra nikah sebagai upaya mewujudkan keluarga sakinah di KUA Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun 2022 2) Untuk menganalisis implikasi implementasi bimbingan pra nikah sebagai upaya mewujudkan keluarga sakinah di KUA Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun 2022 3) Untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat implementasi bimbingan pra nikah sebagai upaya mewujudkan keluarga sakinah di KUA Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun 2022 4) Untuk menganalisis celah kebijakan implementasi bimbingan pra nikah sebagai upaya mewujudkan keluarga sakinah di KUA Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun 2022
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (fieldresearch), yaitu di KUA Kecamatan Puger Kabupaten Jember, metode pengumpulan data adalah dengan menggunakan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data primer yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Data sekunder berupa buku dan jurnal yang berkaitan dengan Bimbingan pra nikah. Setelah seluruh data yang diperlukan terkumpul data tersebut dianalisis dengan metode analisis deskriptif (descriptive analysis).
Adapun hasil yang di dapat dari penelitian ini: 1) Pelaksanaan bimbingan pra nikah bagi calon pengantin selama 2 hari, yang di kordinatori oleh Kementrian Agama Kabupaten Jember pelaksananya yaitu KUA Kecamatan 2) Pasangan yang mengikuti bimbingan nikah selama dua hari untuk mendapatkan ilmu atau pengetahuan untuk memulai kehidupan berumah tangga, yang awalnya calon pengantin mengira bahwa modal pernikahan hanya mental dan finansial. 3) Faktor pendukung pemateri yang kompeten, partisipasi peserta, pelayanan sarana yang cukup memadai dan faktor penghamba pelaksanaan yang tidak menentu, kedisiplinan dan kondisi sosial yang heterogen yang tidak merata. 4) Tidak semua calon pengantin mendapatkan bimbingan pra nikah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
Divisions: Program Magister > Hukum Keluarga
Depositing User: Abd Wahab Hidyatulloh
Date Deposited: 10 Jul 2023 00:34
Last Modified: 10 Jul 2023 00:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25688

Actions (login required)

View Item View Item