Manajemen Pendistribusian Zakat Produktif Pada Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Yatim Mandiri Lumajang

Hubais, Hilal (2023) Manajemen Pendistribusian Zakat Produktif Pada Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Yatim Mandiri Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI HILAL HUBAIS_E20184025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hilal Hubais, Dr. M.F. Hidayatullah, S.H.I., M.Si. 2023: Manajemen Pendistribusian Zakat Produktif pada Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Yatim Mandiri Lumajang

Pendistribusian merupakan kegiatan yang mengharuskan sebuah zakat yang terkumpul nantinya bisa sampai kepada orang yang berhak menerimanya. Zakat Produktif merupakan zakat yang mana nantinya diberikan terhadap masyarakat fakir miskin berupa modal usaha atau program lainnya yang hal ini bisa digunakan untuk membuka dan membangun usaha yang lebih produktif dengan tujuan untuk meningkatkan suatu perekonomian masyarakat itu sendiri, dengan harapan suatu saat nanti para mustahiq bisa menjadi seorang muzakki ketika mereka bisa memanfaatkan dana zakat tersebut dalam membangun sebuah usahanya.
Fokus masalah yang akan diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana manajemen pendistribusian zakat produktif yang diterapkan oleh Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Yatim Mandiri Lumajang ? 2) Bagaimana implikasi pendistribusian zakat produktif terhadap status mustahik pada Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Yatim Mandiri Lumajang ?
Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu mendeskripsikan pendistribusian zakat produktif yang diterapkan oleh LAZNAS Yatim Mandiri Lumajang. selain itu untuk mendeskripsikan implikasi dari pendistribusian zakat produktif terhadap status mustahiq tersebut
Dalam mengidentifikasi masalah yang ada, peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Untuk teknik pengumpulan data peneliti menggunakan observasi partisipan yang nantinya akan menjadi acuan dalam sebuah penelitian, wawancara sebagai bentuk pengecekan ulang semua data yang didapat pada saat observasi partisipan, dan dokumentasi sebagai pelengkap data-data yang kemungkinan dibutuhkan. Selanjutnya, untuk jenis penelitian yang dipakai peneliti yaitu menggunakan penelitian lapangan (field research).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1. Manajemen pendistribusian zakat produktif yang diterapkan oleh Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Yatim Mandiri Lumajang sudah sesuai dengan ketentuan pada perundang-undangan dalam mensurvei dan mengamati calon mustahiq yang akan mendapatkan bantuan sehingga tidak salah sasaran nantinya. Penditribusian yang dilakukan dengan memberikan modal usaha dan juga barang sesuai yang dibutuhkan dan dana tersebut dari dana zakat dan juga infaq maupun shadaqah. 2. Implikasi pendistribusian zakat produktif terhadap status mustahik pada Lemabaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Yatim Mandiri yaitu telah meningkatnya perekonomian dari penerima bantuan modal usaha sehingga kehidupannya sudah lebih sejahtera.

Kata Kunci : Manajemen, Pendistribusian, Zakat Produktif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Depositing User: Mr Hilal Hubais
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:05
Last Modified: 10 Jul 2023 08:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25697

Actions (login required)

View Item View Item