Analisis Manajemen Risiko Operasional Dalam Persepektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pusat Ikan Suwaji Rambipuji Jember)

NINDYA ALFI, NUR LAILY (2023) Analisis Manajemen Risiko Operasional Dalam Persepektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pusat Ikan Suwaji Rambipuji Jember). Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
NINDYA ALFI NUR LAILY_E20193048.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penjabaran risiko dalam Islam dibagi menjadi dua yaitu risiko akhirat serta risiko dunia, dimana risiko akhirat berkaitan dengan neraka, hal ini dikarenakan Bila sebuah usaha tidak bisa menjalankan amanah yang diberikan oleh Allah SWT dengan baik dan tidak mampu menciptakan kemaslahatan bagi manusia, baik kemaslahatan individu maupun sosial. Risiko di dunia berkaitan dengan tujuan manusia dalam menjaga amanah dari Allah SWT untuk kemaslahatan umat manusia baik kemaslahatan individu juga sosial. Hal ini bisa dilakukan menggunakan cara menerapkan norma serta etika islam pada pengelolaan risiko operasional.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan manajemen risiko operasional yang dilakukan oleh Pusat Ikan Suwaji Rambipuji Jember dalam mengelola risiko? 2) Bagaimana pengelolaan manajemen risiko operasional yang dilakukan oleh Pusat Ikan Suwaji Rambipuji Jember dalam persepektif Ekonomi Islam.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis penerapan manajemen risiko operasional yang dilakukan oleh Pusat ikan Suwaji Rambipuji Jember dalam mengelola risiko. 2) Untuk menganalisis pengelolaan manajemen risiko operasional yang dilakukan oleh Pusat ikan Suwaji Rambipuji Jember dalam perspektif Ekonomi Islam.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, observasi, wawancara, serta dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Penerapan manajemen risiko operasional yang dilakukan oleh Pusat Ikan Suwaji Rambipuji Jember dalam mengelola risiko operasional dengan memberikan reward kepada karyawan alpalbilal penjualaln sesuai dengan target dan untuk menghindari kelangkaan ikan asin, Pusat Ikan Suwaji menyetok barang di gudang dengan menjaga suhu ruangan untuk menjaga kualitas ikan asin. Namun Pusat Ikan Suwaji tidak melakukan pemisahan tugas antara karyawan gudang dengan sopir sehingga terjadinya double jobdesk, untuk sistem pencatatan masi belum terkomputerisasi dan untuk memproduksi teralsi malsih menggunakan metode manua; 2) Pengelolaan manajemen risiko operasional yang dilakukan oleh Pusat Ikan Suwaji Ralmbipuji Jember selaras dengan syariat Islam. Pusat Ikan Suwaji mengutamakan kualitas balhaln sehinggal hasil produksi terjamin kualitasnya, Pusat Ikan Suwaji memiliki anggaran dalam pembelian bahan sehingga tidak menimbukan pemborosan dan Pusat Ikan Suwaji bertindak adil kepada konsumen hal tersebut dilakukan guna menjaga kesetiaan dan kepercayaan konsumen.
Kata Kunci: Manajemen Risiko, Manajemen Risiko Operasional, Ekonomi
Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: NINDYA ALFI NUR LAILY
Date Deposited: 10 Jul 2023 04:01
Last Modified: 10 Jul 2023 04:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25760

Actions (login required)

View Item View Item