PENGARUH TEMAN SEBAYA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X DI SMA PLUS BUSTANUL ULUM PUGER JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Sholihah, Luluk Rodiatus (2023) PENGARUH TEMAN SEBAYA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X DI SMA PLUS BUSTANUL ULUM PUGER JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Luluk Watermark.pdf

Download (6MB)

Abstract

Luluk Rodiatus Sholihah, 2023. Pengaruh Teman Sebaya dan Minat Belajar
Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X di SMA Plus Bustanul
Ulum Puger Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci: Pengaruh, Teman Sebaya, Minat Belajar, Hasil Belajar, Biologi.
SMA Plus Bustanul Ulum merupakan sekolah yang berada di bawah
naungan pesantren, sehingga masa remaja siswa sekolah ini lebih banyak
dihabiskan di pesantren bersama teman sebayanya. Teman sebaya dan minat
belajar merupakan variabel yang sangat erat dengan siswa pesantren. Berdasarkan
hasil analisis literatur, hubungan antara teman sebaya dan minat belajar masih
memerlukan kajian mendalam, terutama pada pelajaran biologi bagi siswa yang
bermukim di pesantren. Sehingga didapatkan hubungan yang jelas antara teman
sebaya dan minat belajar dengan hasil belajar biologi siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:1) Bagaimanakah
pertemanan sebaya siswa kelas X di SMA Plus Bustanul Ulum Puger?, 2)
Bagaimanakah minat belajar siswa kelas X di SMA Plus Bustanul Ulum Puger?,
3) Bagaimanakah hasil belajar siswa kelas X di SMA Plus Bustanul Ulum Puger,
4) Adakah pengaruh teman sebaya dan minat belajar secara bersama-sama
terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X di SMA Plus Bustanul Ulum Puger?
5) Adakah pengaruh teman sebaya dan minat belajar secara terpisah terhadap hasil
belajar biologi siswa kelas X di SMA Plus Bustanul Ulum Puger?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
asosiatif kausal yang dilakukan di SMA Plus Bustanul Ulum Puger. Populasi yang
sekaligus sampel pada penelitian ini seluruh kelas X sebanyak 86 siswa. Teknik
pengambilan sampel menggunakan Total Sampling. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis uji hipotesis menggunakan
analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS version 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:1) Pertemanan sebaya siswa kelas
X di SMA Plus Bustanul Ulum Puger memiliki kategori tinggi sebesar 74,4%. 2)
Minat belajar siswa kelas X di SMA Plus Bustanul Ulum Puger memiliki kategori
tinggi sebesar 55,8%. 3) Hasil belajar siswa kelas X di SMA Plus Bustanul Ulum
Puger berupa Nilai PTS dari 86 siswa kategori tinggi sebesar 46,5%. 4) Terdapat
pengaruh signifikan antara teman sebaya dan minat belajar secara bersama-sama
terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X di SMA Plus Bustanul Ulum Puger
Jember dengan hasil uji F dengan nilai Fhitung > Ftabel (158,830 > 3,11) dengan
sig.= 0,000 < 0,05. 5) Terdapat pengaruh signifikan teman sebaya dan minat
belajar secara terpisah terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X di SMA Plus
Bustanul Ulum Puger Jember. Hal ini dibuktikan dari hasil uji statistik t variabel
teman sebaya yang diperoleh thitung > ttabel (11,601 > 1,992) dengan sig.= 0,000 <
0,05, artinya secara terpisah teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap hasil
belajar. Hasil uji t variabel minat belajar diperoleh nilai thitung > ttabel (2,688 >
1,992) dengan sig.= 0,009 < 0,05, artinya secara parsial minat belajar berpengaruh
signifikan terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Luluk Rodiatus Sholihah
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:57
Last Modified: 10 Jul 2023 07:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25811

Actions (login required)

View Item View Item