Efektivitas Dan Efisiensi Pengelolaan Keuangan Dalam Anggaran Dana Desa Di Desa Puspan Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo Dimasa Pandemi COVID-19

Nihayati, Nadyah Zubdatun (2023) Efektivitas Dan Efisiensi Pengelolaan Keuangan Dalam Anggaran Dana Desa Di Desa Puspan Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo Dimasa Pandemi COVID-19. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nadyah Zubdatun Nihayati E20183030.pdf

Download (12MB)

Abstract

Nadyah Zubdatun Nihayati, Efektivitas Dan Efisiensi Pengelolaan Keuangan Dalam Anggaran Dana Desa Di Desa Puspan Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo Di Masa Pandemi Covid-19
Efektivitas merupakan unsur pokok untuk mencapai tujuan atau sasaran yang telah ditentukan di dalam setiap organisasi, kegiatan ataupun program disebut efektif apabila tercapai tujuan ataupun sasaran seperti yang telah ditentukan. Sedangkan efisiensi mengacu pada ketepatan caranya dalam melaksanakan suatu usaha atau kerja, dan dalam menjalankan sesuatunya dengan tidak membuang tenaga, waktu, dan biaya yang besar. Pengelolaan keuangan dalam anggaran dana desa harus sesuai dengan keadaan yang nyata dan bersifat relevan dimana laporan keuangan yang dikerjakan dapat mempengaruhi keputusan pengguna dengan memprediksi baik dari masa lalu maupun pada masa akan mendatang yang melatar belakangi setiap informasi yang termuat dengan jelas sehingga dapat jadi acuan sebagai pengambil keputusan.
Fokus masalah yang dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana efektifitas pengelolaan keuangan dalam anggaran dana desa di Desa Puspan Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo dimasa pandemi COVID-19 ? 2) Bagaimana efisiensi pengelolaan keuangan dalam anggaran dana desa di Desa Puspan Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo dimasa pandemi COVID-19 ?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana efektifitas pengelolaan keuangan dalam anggaran dana desa di Desa Puspan Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo dimasa pandemi COVID-19. 2) Untuk mengetahui bagaimana efisiensi pengelolaan keuangan dalam anggaran dana desa di Desa Puspan Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo dimasa pandemi COVID-19
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sebagai sumber informasi dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Informan dalam penelitian ini ialah Kepala Desa Puspan, Kasi Pembangunan dan Tim Pelaksana Prgram-Program Anggaran Dana Desa, dan Kaur Keuangan. Analisis data yang digunakan ialah Reduksi data, Penyajian data, verifikasi data. Untuk pengumpulan data, teknis yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan keabsahan data yang digunakan ialah triangulasi data.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah pertama, diketahui bahwa efektifitas pengelolaan laporan keuangan dalam anggaran dana desa di Desa Puspan Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo di masa pandemi covid-19 terdapat 3 (tiga ) indikator yaitu 1) pemahaman program. dengan adanya sosialisasi dan breafing masyarakat lebih mengenal bahaya dari covid-19. 2) tepat sasaran. Hanya 80% dapat dikatakan tepat sasaran karena masih ada warga masyarakat yang tidak kebagian atas bantuan-bantuan selama pandemi. 3) pencapaian tujuan. dikatakan tercapai pada tujuan karena hal tersebut yang pertama dibuktikan dengan berkurangnya angka covid yang telah menyebar, kedua terpenuhinya kebutuhan masyarakat dengan adanya bantuan BLT dan bantuan sembako.
Kedua, Efisiensi Pengelolaan Laporan Keuangan dalam Anggaran Dana Desa di Desa Puspan Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo Dimasa Pandemi Covid-19 yaitu 1) Kesadaran. Dengan adanya program-program selama masa pandemi masyarakat semakin sadar akan pentingnya kebersihan untuk menjaga Kesehatan. 2) Unsur keahlian. Dengan meningkatkan keahlian, perangkat Desa di setiap devisinya untuk mengatur sumber daya sehingga program yang terlaksana selama masa pandemi berjalan dengan lancer sesuai dengan alur masing-masing. 3) Disiplin. 80 % dapat dikatakan disiplin, karena tifak semua program bisa berjalan dengan disiplin dikarenakan petugas tim program bantuan merasa kuwalahan untuk mengatasi banyaknya warga seperti pada bantuan sembako dan BLT.

Kata Kunci: Efektivitas, Efisiensi, Anggaran dana desa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms Nadyah Zubdatun Nihayati
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:22
Last Modified: 10 Jul 2023 07:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25813

Actions (login required)

View Item View Item