IMPLEMENTASI STRATEGI MARKETING DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH DEBITUR DAN PORTOFOLIO KREDIT DI BANK PEREKONOMIAN RAKYAT ANUGERAHDHARMA YUWANA JEMBER

MUSTAMIAH, UDZUNAINIL (2023) IMPLEMENTASI STRATEGI MARKETING DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH DEBITUR DAN PORTOFOLIO KREDIT DI BANK PEREKONOMIAN RAKYAT ANUGERAHDHARMA YUWANA JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
UDZUNAINIL MUSTAMIAH.pdf

Download (3MB)

Abstract

Udzunainil Mustamiah, 2023: Implementasi Strategi Marketing Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Debitur Dan Portofolio Kredit Di Bank Perekonomian Rakyat AnugerahDharma Yuwana Jember

Kata Kunci: Strategi Marketing, Jumlah Debitur, Portofolio Kredit

BPR AnugerahDharma Yuwana merupakan Bank yang terletak di Kota Jember, yang melayani kegiatan usaha secara konvensional yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. BPR AnugerahDharma Yuwana Jember menawarkan layanan simpanan deposito berjangka atau tabungan, kredit dan pinjaman, pembiayaan dan penempatan dana.
Berdasarkan konteks penelitian diatas, peneliti memfokuskan penelitiannya dengan lingkup, yaitu: 1) Bagaimana Implementasi strategi marketing yang dilakukan oleh BPR AnugerahDharma Yuwana Jember dalam meningkatkan jumlah nasabah debitur dan portofolio kredit? 2) Bagaimana hasil peningkatan jumlah nasabah debitur dan portofolio kredit setelah menerapkan strategi marketing di BPR AnugerahDharma Yuwana Jember.
Tujuan penelitian adalah: Untuk mengetahui Implementasi strategi marketing yang dilakukan BPR AnugerahDharma Yuwana Jember dalam meningkatkan jumlah nasabah debitur dan portofolio kredit. 2) Untuk mengetahui hasil peningkatan jumlah nasabah debitur dan portofolio kredit setelah menerapkan strategi marketing di BPR AnugerahDharma Yuwana Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dengan menentukan informan, peneliti menggunakan teknik purposive sampling yaitu pertimbangan dalam memilih informan yang dianggap mengetahui informasi mengenai permasalahan yang akan diteliti dan snowball sampling yaitu subjek yang diperoleh dari informasi responden/informan pertama. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) BPR AnugerahDharma Yuwana Jember mengimplementasikan strategi marketing mix (bauran pemasaran) pada jasa kredit yang ditawarkan dengan menerapkan seluruh komponen strategi marketing 7P, sesuai dengan teori Buchari Alma. Khususnya pada strategi Product (Produk), Physical Evidence (Bukti fisik), dan Process (Proses) yang sangat optimal, karena pihak BPR AnugerahDharma Yuwana mempunyai produk dan fasilitas yang menarik minat masyarakat serta proses pencairan kredit yang cepat. Meskipun ada beberapa penerapan strategi yang kurang optimal di antaranya adalah strategi Price (harga), Place (tempat), Promotion (promosi), People (orang). 2) Berdasarkan hasil pengimplementasian strategi marketing BPR AnugerahDharma Yuwana Jember membuahkan hasil yang baik dan berdampak positif untuk peningkatan jumlah debitur di bulan Januari-Maret tahun 2023. Akan tetapi pada portofolio kredit kurang optimal karena pada bulan Desember 2022-Januari 2023 mengalami sedikit penurunan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs UDZUNAINIL MUSTAMIAH
Date Deposited: 10 Jul 2023 06:12
Last Modified: 10 Jul 2023 06:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25821

Actions (login required)

View Item View Item