PENGARUH PENGGUNAAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS XI MIPA DI SMA NURIS JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Fifin Naili, Rizqi (2023) PENGARUH PENGGUNAAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS XI MIPA DI SMA NURIS JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Archive
SKRIPSI FIFIN NAILI FIXS (1).pdf - Draft Version

Download (8MB)

Abstract

Kata Kunci: Team Games Tournament (TGT), Minat Belajar, Hasil Belajar
Sistem Ekskresi merupakan materi pelajaran Biologi yang bersifat abstrak dan cukup sulit dipahami, lantaran terdapat proses mekanisme yang memerlukan media dalam penjabarannya. Metode dan media yang digunakan guru saat proses pembelajaran yang monoton menyebabkan rendahnya minat belajar siswa, dimana siswa cenderung bosan, mengantuk, dan tidak memperhatikan guru. Hal ini menyebabkan rendahnya ketertarikan siswa saat pembelajaran yang akan berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar. Perlu adanya inovasi penggunaan metode dan media saat pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan pengaruh metode Team Games Tournament (TGT) berbantu media Question Card terhadap minat belajar siswa pada materi sistem ekskresi kelas XI di SMA Nuris Jember; 2) Mendeskripsikan pengaruh metode Team Games Tournament (TGT) berbantuan media Question Card terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi kelas XI di SMA Nuris Jember.
Metode Penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, dengan desain Quasi Eksperimental design dengan bentuk Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 62 peserta didik. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling. Sampel yang terpilih terdapat dua kelas yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan dokumentasi. Instrument pada awalnya dilakukan Uji validitas Konstruk dan validasi isi, uji prasyarat analisis menggunakan Kolmogorov Smirnov dan uji Cronbach Alpha, sedangkan teknik analisis data menggunakan Uji U Mann- Whitney.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Minat belajar siswa kelas eksperimen sebelum perlakukan diperoleh hasil rata-rata sebesar 40,13 sedangkan setelah perlakuan diperoleh hasil sebesar 56,90 sedangkan pada kelas kontrol rata-rata minat belajar siswa sebelum perlakuan diperoleh sebesar 37,32 dan setelah perlakuan diperoleh hasil 48,81 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode Team Games Tournament berbantuan media Question Card terhadap minat belajar dengan hasil signifikansi uji U sebesar 0,000; 2) Hasil belajar siswa kelas Eksperimen sebelum perlakuan diperoleh hasil Pretest sebesar 45,71 setelah perlakuan diperoleh hasil Posttes sebesar 79,97. Sedangkan pada kelas kontrol sebelum perlakuan diperoleh rata-rata Pretest sebesar 44,32 setelah perlakuan diperoleh rata-rata hasil Posttes sebesar 67,06 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode Team Games Tournament (TGT) berbantuan media Question Card terhadap hasil belajar dengan hasil signifikansi uji U sebesar 0,000.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Fifin Naili Rizqi
Date Deposited: 11 Jul 2023 01:31
Last Modified: 11 Jul 2023 01:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25919

Actions (login required)

View Item View Item