ANALISIS STRATEGI POSITIONING PRODUK TABUNGAN BRITAMA JUNIO DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DI PT BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) KANTOR CABANG JEMBER

Muzammil, Mohammad (2023) ANALISIS STRATEGI POSITIONING PRODUK TABUNGAN BRITAMA JUNIO DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DI PT BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) KANTOR CABANG JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
NEW SKRIPSI M. MUZAMMIL.pdf

Download (1MB)

Abstract

M. Muzammil , Dr. M.F Hidayatullah S.H.I., M.S.I 2023: Analisis Strategi Positioning Produk Tabungan Britama Junio Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Di PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Jember.
Didalam perkembangan Perbankan di Indonesia yang semakin hari semakin mengalami kemajuan baik dari salah satu sektor perindustriannya, pemasaran/marketing yang terdapat dalam perusahaan tersebut juga harus mengikuti perubahan atau menyesuaikan dengan pasar sehingga dapat mendukung penuh terhadap kemajuan perusahaan tersebut.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1) bagaimana strategi positioning Bank BRI Kc Jember dalam meningkatkan jumlah nasabah melalui tabungan BritAman Junio. 2) Apa faktor pendukung dan penghambat produk tabungan BritAma Junio pada Bank BRI Kc Jember dalam meningkatkan jumlah nasabah.
Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui strategi positioning Bank BRI Kc Jember dalam meningkatkan jumlah nasabah melalui tabungan BritAman Junio. 2) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat produk tabungan BritAma Junio pada Bank BRI Kc Jember dalam meningkatkan jumlah nasabah.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian ini bersifat deskriftif. Teknik penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini adalah: 1) strategi positioning yang dilakukan oleh Bank BRI KC Jember ialah memperjelas manfaat dari produk itu sendiri dan juga mengupdate kemasan atm dengan karakter-karakter seperti tweety, tom and jarry, superman dan juga bekerja sama dengan warner bros. penyediaan asuransi kecelakaan dan juga transaksi yang mudan bisa dilakukan secara real time online. 2) Faktor pendukung: proses pembukaan rekening yang mudah, diberikan buku tabungan,pelayanan yang baik, lokasi yang strategis dan tidak ada biaya administrasi.. Faktor penghambat:persaingan dengan lembaga lain,adanya induk tabungan di BritAma dan adanya nasabah yang tidak membawa akte kelahiran anak. strategi untuk mengatasi kendala: menggencarkan pemasarannya lewat media, bekerja sama dengan IGTKI dan instansi anak-anak lainnya, adanya
6
6

program goes to school sehingga tidak perlu membuka tabungan induk lagi, bagi yang tidak membawa akte bisa menyusul keesokan harinya.
Kata Kunci: Strategi Positioning, Produk Britama Junio, Faktor Pendukung, Hambatan, Dan Strategi Mengatasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140305 Time-Series Analysis
Depositing User: Mr Mohammad Muzammil
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:47
Last Modified: 10 Jul 2023 07:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25996

Actions (login required)

View Item View Item