Analisis Rasio Profitabilitas Dalam Menilai Kinerja Keuangan Pada PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2018-2022

Aprilia, Siti Rofikoh (2023) Analisis Rasio Profitabilitas Dalam Menilai Kinerja Keuangan Pada PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2018-2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Rofikoh Aprilia_E20193119.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci : Laporan Keuangan, Rasio Profitabilitas, Kinerja Keuangan

Dalam perekonomian nasional persaingan antar perusahaan sangatlah ketat. Maka dari itu kita harus menegetahui bagaimana kinerja keuangan dari suatu perusahaan. Penilaian kinerja keuangan perusahaan dapat dilakukan dengan menggunakan analisis rasio profitabilitas karena dengan rasio profitabilitas kita dapat mengetahui bagaimana kemampuan perusahaan dalam menghasilkan suatu laba karena meningkatnya suatu laba dapat mencerminkan tingkat kinerja keuangan perusahaan dan juga untuk membantu pengambilan keputusan agar laporan keuangan dapat bermakna sebagai mana mestinya.
Rumusan masalah yang akan diteliti dalam skripsi ini yaitu : 1) Bagaimana Kinerja Keuangan Pada PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk Berdasarkan Gross Profit Margin (GPM) ? 2) Bagaimana Kinerja Keuangan Pada PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk Berdasarkan Return On Asset (ROA) ? 3) Bagaimana Kinerja Keuangan Pada PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk Return On Equity (ROE) ?.
Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk Mengetahui Dan Menganalisis Bagaimana Kinerja Keuangan Pada PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk Berdasarkan Gross Profit Margin (GPM). 2) Untuk Mengetahui Dan Menganalisis Bagaimana Kinerja Keuangan Pada PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk Berdasarkan Return On Asset (ROA). 3) Untuk Mengetahui Dan Menganalisis Bagaimana Kinerja Keuangan Pada PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk Berdasarkan Return On Equity (ROE).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Perolehan sampel diambil dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dengan jenis data sekunder. Analisis data yang digunakan yaitu rasio profitabilitas dengan berdasarkan Gross Profit Margin (GPM), Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE) dan dibandingkan dengan standart rata-rata industri.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) kinerja keuangan perusahaan berdasarkan perhitungan Gross Profit Margin (GPM) memiliki rata-rata sebesar 30.60 %, hal itu menunjukkan hasil yang sangat baik karena berada diatas standar rata-rata industri yang telah ditetapkan yaitu 30 %; 2) kinerja keuangan perusahaan berdasarkan Return On Asset (ROA) memperoleh hasil rata-rata sebesar 11.98 % dan menunjukkan hasil yang sangat tidak baik karena berada dibawah standar rata-rata industry yang telah ditetapkan yaitu 30 %; 3) kinerja keuangan perusahaan berdasarkan Return On Equity (ROE) termasuk dalam kriteria yang tidak baik karena memiliki rata-rata sebesar 22.56 % masih dibawah standar rata-rata industri yang telah ditetapkan yaitu 40 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150302 Business Information Systems
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms Siti Rofikoh Aprilia
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:03
Last Modified: 11 Jul 2023 02:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26003

Actions (login required)

View Item View Item