PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET PASCA PANDEMI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MIPA DI MA WAHID HASYIM BALUNG JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Hilyatuzzahro, Siti (2023) PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET PASCA PANDEMI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MIPA DI MA WAHID HASYIM BALUNG JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Achmad Siddiq Jember Program Studi Tadris Biologi.

[img] Text
WM.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya angka intensitas penggunaan
gadget pasca pandemi serta pentingnya sikap disiplin belajar untuk membangun
kepribadian siswa. Hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh dua faktor, yakni
faktor internal dan faktor eksternal. Disiplin merupakan salah satu faktor dalam
diri siswa yang memiliki andil besar dalam pencapaian hasil belajar yang optimal.
Salah satu faktor eksternal yang dapat mempengaruhi hasil belajar adalah
intensitas penggunaan gadget, yang mana di era modern seperti ini gadget
merupakan barang yang pasti dimiliki oleh semua kalangan.
Adapun tujuan penelitian ini ialah: 1) Untuk mendeskripsikan pengaruh
intensitas penggunaan gadget pasca pandemi terhadap hasil belajar biologi siswa
kelas X MIPA di MA Wahid Hasyim Balung Jember. 2) Untuk mendeskripsikan
pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di
MA Wahid Hasyim Balung Jember. 3) Untuk mendeskripsikan pengaruh
intensitas penggunaan gadget pasca pandemi dan disiplin belajar secara simultan
terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di MA Wahid Hasyim Balung
Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
asosiatif kausal yang dilakukan di MA Wahid Hasyim Balung Jember. Populasi
penelitian meliputi seluruh siswa kelas X MIPA yang berjumlah 93 siswa. Teknik
sampling yang digunakan yakni total sampling sehingga sampel penelitian
merupakan seluruh populasi penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan
kuesioner, dokumentasi, serta analisis data menggunakan analisis regresi linear
berganda dan uji asumsi klasik. Uji asumsi klasik yang digunakan yakni uji
normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokolerasi.
Sedangkan analisis regresi linear berganda meliputi uji t, uji f, dan koefisien
determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang
signifikan pada intensitas penggunaan gadget pasca pandemi terhadap hasil
belajar biologi siswa kelas X MIPA di MA Wahid Hasyim Balung Jember dengan
hasil uji t menunjukkan 8,835>1,989 dan sig 0,000<0,05. 2) Terdapat pengaruh
yang signifikan pada disiplin belajar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X
MIPA di MA Wahid Hasyim Balung Jember dengan hasil uji t 3,266>1,989 dan
sig 0,002<0,05. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan pada intensitas penggunaan
gadget pasca pandemi dan disiplin belajar secara simultan terhadap hasil belajar
biologi siswa kelas X MIPA di MA Wahid Hasyim Balung Jember dengan hasil
uji f 52,060>3,1 dan sig 0,000<0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Siti Hilyatuzzahro
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:01
Last Modified: 10 Jul 2023 08:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26019

Actions (login required)

View Item View Item