IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMPN 1 AMBULU

Belgis, Aulia (2023) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMPN 1 AMBULU. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
BELGIS AULIA AZ ZAHRA_T20191416.pdf

Download (11MB)

Abstract

Latar belakang dari penulisan ini ialah rendahnya hasil belajar kelas IX G pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal tersebut diketahui melalui nilai ulangan harian yang nilainya masih banyak yang dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu: dari 32 siswa terdapat 13 siswa atau sebesar 40% yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sedangkan sebanyak 19 siswa atau sebesar 60% yang tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Maka, untuk mengatasi permasalahan di atas guru perlu menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi sehingga siswa bisa aktif, tidak mudah bosan, dan berkonsentrasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Salah satu strategi yang dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu strategi pembelajaran crossword puzzle pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Berdasarkan hal tersebut dirumuskan masalah secara khusus yaitu Apakah implementasi strategi pembelajaran crossword puzzle dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas IX SMPN 1 Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Sejalan dengan rumusan masalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah implementasi strategi pembelajaran crossword puzzle dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas IX SMPN 1 Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, yang setiap siklusnya terdiri dari satu kali pertemuan. Adapun prosedur yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada teori yang dikemukakan oleh Kurt Lewin. Penelitian Tindakan Kelas dari Kurt Lewin, terdiri dari empat tahap, yaitu : Perencannaan (Palnning), Tindakan (Acting), Observasi (Observing), dan Refleksi (Reflecting). Hasil penelitian ini dikatakan berhasil jika hasil belajar siswa nilai rata-rata nya yaitu 75, persentase ketuntasannya yaitu 75%. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX G di SMPN 1 Ambulu dengan jumlah siswa 32 orang, yang terdiri dari 18 laki-laki dan 14 perempuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini ialah observasi, lembar per-test dan post-test, dokumen, dan wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas IX G SMPN 1 Ambulu. Hal ini terbukti adanya peningkatan pada setiap siklus, dengan rincian sebagai berikut: Pelaksanaan pra siklus siswa mencapai nilai rata-rata 64,53, siklus I dengan nilai rata-rata 74,09, dan siklus II dengan nilai rata-rata 87,53. Jadi, hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Zakat Fitrah dan Zakat Mal melalui strategi Crossword Puzzle di kelas IX G SMPN 1 Ambulu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Belgis Aulia Az Zahra
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:30
Last Modified: 11 Jul 2023 02:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26164

Actions (login required)

View Item View Item