Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Dalam Mengembangkan Karakter Peduli Sosial Pada Pembelajaran IPS di SMP 03 Islam Rowotengah Tahun Ajaran 2021/2022

Zahro, Vikri Lailatul (2023) Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Dalam Mengembangkan Karakter Peduli Sosial Pada Pembelajaran IPS di SMP 03 Islam Rowotengah Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ Jember.

[img] Text
VIKRI LAILATUL ZAHRO_T20189062.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Vikri Lailatul Zahro, 2023 : Penerapan Model Pembelajaran ValueClarificationTechnique (VCT) Dalam Mengembangkan Karakter Peduli Sosial Pada Pembelajaran IPS di SMP 03 Islam Rowotengah.
Kata Kunci : Model ValueClarificationTechnique (VCT), Mengembangkan Karakter Peduli Sosial, Pembelajaran IPS
Permasalahan yang terjadi di SMP 03 Islam Rowotengah berupa kurangnya sikap kepedulian kepedulian sosial siswa, dalam menghadapi musibah sehingga mereka acuh tak acuh terhadap sesama, seperti kurangnya sikap tolong-menolong ketika mendapati teman yang sedang kesulitan, dan siswa kurang menghormati guru ketika proses pembelajaran berlangsung.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana penerapan Model Pembelajaran ValueClarificationTechnique (VCT) dalam mengembangkan Karakter Peduli Sosial Pada Pembelajaran IPS di SMP 03 Islam Rowotengah Tahun ajaran 2021/2022 , (2) bagaimana pelaksanaan penerapan model pembelajaran value clarification technique (VCT) dalam mengembangkan karakter pedul sosial pada pembelajaran IPS di SMP 03 Islam Rowotengah Tahun ajaran 2021/2022 (3) Apa saja hambatan Penerapan Model Pembelajaran value clarification technique (VCT) dalam mengembangkan karakter peduli sosial pada pembelajaranIPS di SMP 03 Islam Rowotengah tahun ajaran 2021/2022
Penelitian ini menggunakan metodologi dengan jenis pendekatan deskripsi kualitatif. Penelitian Kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Subjek penelitian adalah Guru IPS dan siswa kelas VII. Adapun objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran ValueClarificationTechnique (VCT) dalam mengembangan karakter peduli sosial pada pembelajaran IPS di SMP 03 Islam Rowotengah Tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, Analisis data dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) Penerapan (VCT) dalam mengembangkan karakter peduli sosial pada pembelajaran IPS, guru memberikan penjelasan materi terkait yang disampaikan dengan metode ceramah dan dihubungkan dengan karakter peduli sosial. Guru memberikan contoh nyata, lalu secara berkelompok siswa dimintai untuk berdiskusi dan mengidentifikasi fenomena kepedulian sosial yang telah diberikan oleh guru. (2) Hasil pelaksanaan perencanaan diantaranya siswa lebih memiliki kesadaran dalam rasa peduli sosial disekolah dapat ditunjukkan dengan perilaku saling membantu, saling menyapa, saling menghormati antar warga sekolah, dan bersikap empati terhadap sesama teman dikelas, dan melakukan sumbangan tiap minggu untuk teman yang sedang membutuhkan atau terkena musibah. (3) Faktor penghambat dalam menerapkan dalam menerapkan karakter peduli sosial meliputi faktor intern adalah kurangnya motivasi. Dalam penggunaan VCT siswa memiliki motivasi atau minat yang rendah untuk peduli terhadap sesama sehingga akan menghambat sikap peduli sosial. Faktor ekstern terdiri dari : Keluarga, lingkungan, waktu, dan kesempatan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mrs. Vikri Lailatul Zahro
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:39
Last Modified: 11 Jul 2023 02:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26206

Actions (login required)

View Item View Item