Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Berbasis Make A Match Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas I Di Madrasah Ibidaiyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Murtafi'ah, Dwi Iza (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Berbasis Make A Match Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas I Di Madrasah Ibidaiyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Dwi Iza Murtafi'ah_T20194145 watermark.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci: Pengembangan, Puzzle berbasis Make a Match, Pendidikan Pancasila.
Penggunaan media pembelajaran yang kurang bervariasi membuat peserta didik mendapatkan hasil belajar kurang dari kriteria ketuntasan maksimal, sebab pada kelas I Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember merupakan tahap peralihan dari taman kanak-kanak dimana peserta didik masih begitu aktif dan masih senang bermain, sehingga peneliti berinisiatif untuk mengembangkan media pembelajaran puzzle berbasis make a match sebagai media pembelajaran tambahan agar dapat meningkatkan minat belajar peserta didik.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kelayakan pengembangan media pembelajaran puzzle berbasis make a match pada mata pelajaran pendidikan pancasila kelas I di Madrasah Idtidaiyah Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2022/2023?. 2) Bagaimana kemanfaatan pengembangan media pembelajaran puzzle berbasis make a match pada mata pelajaran pendidikan pancasila kelas I di Madrasah Idtidaiyah Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2022/2023?.
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Mengujicobakan kelayakan pengembangan media pembelajaran puzzle berbasis make a match pada mata pelajaran pendidikan Pancasila kelas I di Madrasah Idtidaiyah Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2022/2023, 2) Mengetahui kemanfaatan pengembangan media pembelajaran puzzle berbasis make a match pada mata pelajaran pendidikan Pancasila kelas I di Madrasah Idtidaiyah Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Pengembangan R&D (Research and Development) dengan model penelitian ADDIE yang terdiri dari beberapa tahapan diantaranya: Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan angket.
Berdasarkan hasil analisis data media pembelajaran puzzle berbasis make a match ini mendapatkan perolehan skor presentase kevalidan dari para ahli diantaranya oleh ahli media mendapatkan skor presentase kevalidan sebesar 87,5%, oleh ahli materi yaitu sebesar 100%, oleh ahli bahasa 82,14%, dan oleh ahli pembelajaran pendidikan pancasila yaitu sebesar 97,72%. Serta berdasarkan hasil analisis angket respon peserta didik terhadap kemanfaatan penggunakan produk media pembelajaran puzzle berbasis make a match ini memperoleh skor presentase sebesar 90,62% pada skala kecil dan 91,96% pada skala besar. Berdasarkan hasil analisis tersebut dengan demikian dapat di nyatakan bahwasanya media pembelajaran puzzle berbasis make a match ini dinyatakan valid dan tidak perlu direvisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dwi Iza Murtafi'ah Dwi Iza Murtafi'ah
Date Deposited: 11 Jul 2023 06:51
Last Modified: 11 Jul 2023 06:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26382

Actions (login required)

View Item View Item