Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Pada Materi Daur Hidup Makhluk Hidup Kelas IV Di MI Malik Ibrahim Jenggawah-Jember

Sa'diyah, Qoriatus (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Pada Materi Daur Hidup Makhluk Hidup Kelas IV Di MI Malik Ibrahim Jenggawah-Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI QORIATUS WATERMARK_compressed.pdf

Download (8MB)

Abstract

Qoriatus Sa’diyah, 2023: Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Terintegrasi
Nilai-nilai Islam pada Materi Daur Hidup Makhluk Hidup Kelas IV di MI Malik
Ibrahim Jenggawah-Jember.
Kata kunci : Lembar Kerja Peserta Didik, Terintegrasi Nilai-nilai Islam, Daur
Hidup Makhluk Hidup.
Penelitian ini dilatarbelakangi Lembar Kerja Peserta Didik Terintegrasi Nilainilai Islam yang belum dikembangkan. Di MI Malik Ibrahim menggunakan buku
cetak tematik dan ESPS terbitan Erlangga dari kemendikbud. Peneliti fokus pada
buku terbitan untuk erlangga yang berada pada bab 2 yaitu tentang Daur Hidup
Makhluk Hidup. Dengan keterbatasan sumber pengajaran yang tersedia di sekolah
hanyalah buku cetak dan modul tematik dan pendidik belum mengaitkan materi
pelajaran dengan Nilai-Nilai Islam.
Fokus penelitian ini (1) bagaimana pengembangan Lembar Kerja Peserta
Didik terintegrasi nilai-nilai islam pada materi daur hidup makhluk hidup kelas IV
di MI Malik Ibrahim Jenggawah Jember. (2) bagaimana kelayakan Lembar Kerja
Peserta Didik terintegrasi nilai-nilai islam pada materi daur hidup makhluk hidup
kelas IV di MI Malik Ibrahim Jenggawah Jember. Tujuan penelitian ini adalah :
(1) untuk mengetahui pengembangan Lembar Kerja Peserta Ddidik terintegrasi
nilai-nilai islam pada daur hidup makhluk hidup di MI Malik Ibrahim. (2) untuk
mengetahui kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik terintegrasi nilai-nilai islam
pada daur hidup makhluk hidup di MI Malik Ibrahim.
Jenis penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) oleh
Dick and Carry, proses pengembangan menggunakan model ADDIE terdiri dari
lima tahap yaitu: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, dan
5) Evaluation. Fokus pengembangan pada penelitian ini yaitu menghasilkan
LKPD Terintegrasi Nilai-nilai Islam pada Materi Daur Hidup Makhluk Hidup
Kelas IV hingga dinyatakan sangat layak digunakan.
Hasil Penelitian Lembar Kerja Peserta Didik Terintegrasi Nilai-nilai Islam
pada Materi Daur Hidup Makhluk Hidup berdasarkan valisadi skor penilaian oleh
validator ahli yaitu: 1) ahli materi dengan skor 95%, 2) ahli bahasa 93%, 3) ahli
media 93%, dan 4) ahli pembelajaran 88%, dengan skor rata-rata 92% dengan
kriteria “sangat layak”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta
Didik terintegrasi nilai-nilai islam pada materi daur hidup makhluk hidup kelas IV
dinyatakan valid menurut validator ahli. Sedangkan jumlah skor respon peserta
didik yaitu 89,62% dengan kriteria “Sangat Layak”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060799 Plant Biology not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms qoriatussa'diyah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
Date Deposited: 12 Jul 2023 04:03
Last Modified: 12 Jul 2023 04:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26386

Actions (login required)

View Item View Item