Peran Komite Madrasah dalam Penyusunan Rencana Kerja Madrasah di MTs Salafiyah Syafi'iyah Mumbulsari Jember

Solihah, Zahroatus (2023) Peran Komite Madrasah dalam Penyusunan Rencana Kerja Madrasah di MTs Salafiyah Syafi'iyah Mumbulsari Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
ZAHROATUS SOLIHAH_T20193077.pdf

Download (4MB)

Abstract

Komite Madrasah merupakan wadah dengan tanggung jawab dan tugas menyerap, menampung, dan menyalurkan aspirasi masyarakat untuk meningkatkan standar pendidikan. Komite madrasah ini terdiri dari orang tua siswa, guru, staff madrasah dan juga masyarakat sekitar. Peran komite madrasah dalam penyusunan rencana kerja madrasah memiliki tanggung jawab dalam memberikan arahan, masukan dan pengawasan program-program yang akan dilaksanakan di madrasah. Dengan melibatkan berbagai pihak yang memiliki kepentingan dan perhatian terhadap pendidikan, komite madrasah Salafiyah Safi’iyah Mumbulsari dapat mewakili berbagai perspektif dan kepentingan yang ada.
Fokus dalam penelitian ini ialah : 1) Bagaimana komite madrasah memberi pertimbangan dalam penyusunan Rencana Kerja Madrasah di MTs Salafiyah Safi’iyah Mumbulsari Jember? 2) Bagaimana komite madrasah memberi dukungan terhadap penyusunan Rencana Kerja Madrasah di MTs Salafiyah Safi’iyah Mumbulsari Jember? 3) Bagaimana komite madrasah melakukan pengontrolan terhadap penyusunan Rencana Kerja Madrasah di MTs Salafiyah Safi’iyah Mumbulsari Jember? 4) Bagaimana peran komite madrasah sebagai badan mediator dalam penyusunan Rencana Kerja Madrasah di MTs Salafiyah Safi’iyah Mumbulsari Jember?
Tujuan penelitian ini ialah: Untuk mendeskripsikan peran komite madrasah dalam memberi pertimbangan, dukungan, Pengontrolan dan mediator dalam penyusunan Rencana Kerja Madrasah di MTs Salafiyah Safi’iyah Mumbulsari Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive dengan sumber data dari Kepala Madrasah, Komite Madrasah, Bendahara Komite Madrasah dan Guru. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan tahap kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah : (1) Peran komite madrasah sebagai pemberi pertimbangan oleh komite MTs Salafiyah Safi’iyah Mumbulsari ikut serta dalam memberikan masukan, memberikan pertimbangan, dan menyelenggarakan rapat (2) Peran Komite madrasah sebagai badan pendukung, komite madrasah berpartisipasi dalam pengelolaan sumber daya seperti memantau kondisi ketenagaan pendidikan di sekolah, dan pengelolaan anggaran (3) Peran komite madrasah sebagai badan pengontrol, komite madrasah ikut serta dalam evaluasi dan pengawasan terhadap kebijakan dan program pendidikan program (4) Peran komite madrasah dalam berperan sebagai badan penghubung berarti menjadi penghubung antara pemerintah, madrasah, orang tua peserta didik serta masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Depositing User: Mahasiswa Zahro atusSolihah
Date Deposited: 11 Jul 2023 07:27
Last Modified: 11 Jul 2023 07:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26396

Actions (login required)

View Item View Item