Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Articulate Storyline 3 Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Pondoklabu Kecamatan Ajung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Muhamad Alfan, Jauhari (2023) Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Articulate Storyline 3 Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Pondoklabu Kecamatan Ajung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi WM.pdf

Download (12MB)

Abstract

Hal yang melatar belakangi penelitian ini dilakukan adalah rendahnya minat belajar peserta didik sesuai dengan pengamatan dan juga sedikit wawancara dengan wakil kepala kurikulum MTs Miftahul Ulum Pondoklabu Ajung salah satunya penyebabnya adalah pembelajaran oleh guru yang cenderung monoton, dan siswa yang memiliki minat belajar rendah kebanyakan dari kelas VIII. Peneliti merasa tertarik untuk meneliti hal tersebut dengan sudut pandang berpengaruh apa tidak jika pembelajaran dilakukan dengan bantuan media untuk meningkatkan minat belajar peserta didik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh penerapan media pembelajaran articulate storyline 3 terhadap minat belajar peserta pada mata pelajaran fiqih di kelas VIII MTs Miftahul Ulum Pondoklabu Ajung. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan media pembelajaran articulate storyline 3 terhadap minat belajar peserta pada mata pelajaran fiqih di kelas VIII MTs Miftahul Ulum Pondoklabu Ajung.
Pendekatan penelitian yang penulis gunakan adalah pendekatan kuantitif dengan jenis penelitian simple regression. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuisioner, dan dokumentasi. Kusioner sebagai instrumen untuk mendapatkan data primer yakni hasil angket terkait minat belajar ketika pembelajaran menggunakan media articulate storyline 3 yang kemudian dianalisis dengan teknik analisis regresi sederhana. Sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di MTs Miftahul Ulum Pondoklabu Ajung, kemudian sampel diambil dari seluruh siswa kelas VIII A yang berjumlah 18 siswa.
Berdasarkan perhitungan dari hasil angket dengan teknik analisis regresi sederhana menunjukkan nilai sig. 0,000 < 0,05 dengan besar pengaruh 80,6% sedangkan 19,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran articulate storyline 3 berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di kelas VIII MTs Miftahul Ulum Pondoklabu Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember.
Kata Kunci: Articulate Storyline 3, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190205 Interactive Media
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: Muhamad Alfan Jauhari
Date Deposited: 12 Jul 2023 06:59
Last Modified: 12 Jul 2023 06:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26514

Actions (login required)

View Item View Item