Pengaruh Penggunaan Metode Simulasi Terhadap. Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Jenggawah Tahun Ajaran 2022/2023

Azizah, Nur (2023) Pengaruh Penggunaan Metode Simulasi Terhadap. Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Jenggawah Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
NUR AZIZAH _T20199075-1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam pembelajaran metode tidak hanya memudahkan dalam penyampaian materi namun juga dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa, membangun keceriaan dan juga kenyamanan dalam belajar. Ada berbagai metode yang dapat digunakan oleh seorang guru di antaranya adalah metode simulasi. Metode Simulasi adalah metode pembelajaran yang menyajikan pelajaran dengan menggunakan situasi atau proses nyata dengan peserta didik terlibat aktif dalam berinteraksi dengan situasi dilingkunganya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penggunaan metode simulasi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Jenggawah Tahun Pelajaran 2022/2023?. Adapun tujuan dalam penelitian ini mengetahui pengaruh penggunaan metode simulasi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Jenggawah Jember Tahun Ajaran 2022/2023
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan penelitian Quasi Eksperimental Design jenis Nonequivalent Control Group Desain. Populasi yang diambil dari penelitian ini adalah siswa siswi kelas VIII SMP Negeri 1 Jenggawah. Kelas eksperimen berjumlah 31 siswa dan kelas kontrol berjumlah 31 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Pertimbangan yang dilakukan dalam pengambilan sampel ini berdasarkan nilai akademik yang hampir sama. Pengumpulan data dilakukan dengan soal Pretest dan Posttest. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas, Uji Linearitas, Uji Hipotesis dan Uji T.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode simulasi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Jenggawah. Adanya pengaruh tersebut dibuktikan dengan hasil analisis dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-T yaitu Independent sampel T-Test yang mana hasil analisis tersebut diperoleh hasil sig (2-tailed) sebesar 0,001.
Hal ini menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) <0,05 sehingga hipotesis nol (H0) ditolak maka hipotesis alternative (Ha) diterima. Dapat dilihat pula pada dari nilai posttest yang mana pada kelas ekperimen diperoleh rata-rata adalah 81,64. Nilai tersebut menunjukkan bahwa nilai posttest kelas ekperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, hal ini disebabkan dengan penerapan metode simulasi yang tepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Ms Nur Azizah
Date Deposited: 12 Jul 2023 07:33
Last Modified: 12 Jul 2023 07:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26599

Actions (login required)

View Item View Item