Pembinaan Keagamaan Bagi Anak-anak Yatim Melalui Program Sahabat Yatim Cemerlang Di Yayasan Amil Zakat Nurul Hayat Cabang Jember

Lestari, Eni puji (2023) Pembinaan Keagamaan Bagi Anak-anak Yatim Melalui Program Sahabat Yatim Cemerlang Di Yayasan Amil Zakat Nurul Hayat Cabang Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Eni puji lestari fix T20161139.pdf

Download (2MB)

Abstract

Anak-anak yatim adalah subjek dakwah yang sangat membutuhkan siraman rohani. Anak-anak yang tidak lagi memiliki ayah (pelindung) dalam hidup. Mereka tidak punya sosok yang bisa dijadikan sebagai pembimbing dalam keseharian mereka, tidak semua yang ditinggalkan ayahnya memiliki hidup yang nyaman, mungkin sebagian dari mereka juga terlantar,. Oleh karena itu Yayasan Nurul Hayat tergerak untuk menyentuh kehidupan agama mereka melalui berbagai program pembinaan keagamaan salah satunya program sahabat yatim cemerlang yang di khususkan untuk anak-anak yatim.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana upaya pembinaan keagamaan dalam kehidupan bagi anak-anak yatim melalui program sahabat yatim cemerlang (SAYANG) di Yayasan Nurul Hayat jember, (2). Bagaimana metode pembinaaan keagamaan dalam kehidupan bagi anak-anak yatim melalui program sahabat yatim cemerlang (SAYANG) Yayasan Nurul Hayat jember.
Tujuan penelitian ini adalah (1). Untuk mendeskripsikan pembinaan keagamaan dalam kehidupan bagi anak-anak yatim melalui program sahabat yatim cemerlang (SAYANG) di Yayasan Nurul Hayat jember, (2). Untuk mendeskripsikan metode pembinaaan keagamaan dalam kehidupan bagi anak-anak yatim melalui program sahabat yatim cemerlang (SAYANG) Yayasan Nurul Hayat jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapanagan (field research). Penentuan sumber data atau subjek penelitian di lakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisa data yang akan digunakan adalah kondensasi data, peyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sementara keabsahan data yang digunakan yaitu Triangulasi sumber dan Triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: (1) pembinaan keagamaan anak-anak yatim melalui kegiatan program sahabt yatim cemerlang meliputi 3 hal yaitu akidah, akhlak dan ibadah, (2) metode yang di gunakan dalam pembinaan keagamaan anak-anak yatim melalui kegiatan program sahabat yatim cemerlang yaitu metode ceramah, tanya jawab dan demonstrasi.
Kata kunci : Pembinaan Keagamaannya, Program Sahabat Yatim Cemerlang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mis Eni puji Lestari
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:08
Last Modified: 13 Jul 2023 03:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26727

Actions (login required)

View Item View Item