PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK BERBASIS NILAI-NILAI KEPAHLAWANAN PADA PELAJARAN TEMATIK KELAS V DI MI NURUL HIDAYAH PRAJEKAN BONDOWOSO

Diniyah, mar'atus (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK BERBASIS NILAI-NILAI KEPAHLAWANAN PADA PELAJARAN TEMATIK KELAS V DI MI NURUL HIDAYAH PRAJEKAN BONDOWOSO. Undergraduate thesis, Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DINIYAH MAR'ATUS SHOLIHA T20194129 NEW.pdf

Download (1MB)

Abstract

Media pembelajaran dapat dimaknai sebagai alat yang membawa pesan dan informasi antara guru dan peserta didik. Salah satu media pembelajaran yang dapat diterapkan untuk pembelajaran adalah media Pop-Up Book. MI Nurul Hidayah Prajekan Bondowoso merupakan lembaga madrasah di Bondowoso yang menerapkan media Pop-Up Book dalam proses pembelajarannya. Namun, media Pop-Up Book tersebut masih perlu dikembangkan. Berdasarkan wawancara dengan guru kelas V MI Nurul Hidayah Prajekan Bondowoso diperoleh informasi bahwa penggunaan media Pop-Up Book masih perlu melakukan perbaikan dikarenakan masih fokus pada satu muatan pembelajaran.
Dalam penelitian pengembangan ini memiliki rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana Model Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Berbasis Nilai-Nilai Kepalawanan pada Mata Pelajaran Tematik Kelas V di MI Nurul Hidayah Prajekan Bondowoso(2) Bagaimana Kelayakan Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Berbasis Nilai-Nilai Kepahlawanan pada Mata Pelajaran Tematik Kelas V di MI Nurul Hidayah Prajekan Bondowoso. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui model pengembangan media pembelajaran pop-up book berbasis nilai-nilai Kepahlawanan pada mata pelajaran tematik kelas V di MI Nurul Hidayah Prajekan Bondowoso. (2) untuk menguji kelayakan pengembangan media pembelajaran pop-up book berbasis nilai-nilai kepahlawanan pada mata pelajaran tematik kelas V di MI Nurul Hidayah Prajekan Bondowoso.
Hasil penelitian ini ialah (1) model pengembagan ADDIE pada pengembangan media pembelajaran pop-up book : a. Analisis, yang memfokuskan permasalahan dalam pembelajaran dan kebutuhan peserta didik, b. Desain, menegnai perancangan desain produk dalam hal ini adalah media pembelajaran pop-up book berbasis nilai-nilai kepahlawanan dan penyusunan aturan penggunaan media, c. Pengembangan, hal ini berdasarkan pada penilaian, saran dan komentar para validator sesuai dengan bidang masing-masing, d. Implementasi, dalam penelitian ini di uji cobakan pada 13 peserta didik kelas V MI Nurul Hidayah Prajekan Bondowoso, e. Evaluasi, bertujuan untuk mengetahui keberhasilan penelitian dan pengembangan yang dilakukan pada 13 peserta didik kelas V di MI Nurul Hidayah Prajekan Bondowoso. (2) Hasil kelayakan media pembelajaran pop-up book memiliki nilai 96% dikategorikan sangat valid dari ahli media, 88% dikategorikan sangat valid dari ahli materi, dan 88% sangat valid dari guru kelas V di MI Nurul Hidayah Prajekan Bondowoso.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Diniyah Mar`atus Sholiha
Date Deposited: 13 Jul 2023 02:08
Last Modified: 13 Jul 2023 02:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26827

Actions (login required)

View Item View Item