Diniyah, mar'atus (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK BERBASIS NILAI-NILAI KEPAHLAWANAN PADA PELAJARAN TEMATIK KELAS V DI MI NURUL HIDAYAH PRAJEKAN BONDOWOSO. Undergraduate thesis, Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
DINIYAH MAR'ATUS SHOLIHA T20194129 NEW.pdf Download (1MB) |
Abstract
Media pembelajaran dapat dimaknai sebagai alat yang membawa pesan dan informasi antara guru dan peserta didik. Salah satu media pembelajaran yang dapat diterapkan untuk pembelajaran adalah media Pop-Up Book. MI Nurul Hidayah Prajekan Bondowoso merupakan lembaga madrasah di Bondowoso yang menerapkan media Pop-Up Book dalam proses pembelajarannya. Namun, media Pop-Up Book tersebut masih perlu dikembangkan. Berdasarkan wawancara dengan guru kelas V MI Nurul Hidayah Prajekan Bondowoso diperoleh informasi bahwa penggunaan media Pop-Up Book masih perlu melakukan perbaikan dikarenakan masih fokus pada satu muatan pembelajaran.
Dalam penelitian pengembangan ini memiliki rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana Model Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Berbasis Nilai-Nilai Kepalawanan pada Mata Pelajaran Tematik Kelas V di MI Nurul Hidayah Prajekan Bondowoso(2) Bagaimana Kelayakan Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Berbasis Nilai-Nilai Kepahlawanan pada Mata Pelajaran Tematik Kelas V di MI Nurul Hidayah Prajekan Bondowoso. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui model pengembangan media pembelajaran pop-up book berbasis nilai-nilai Kepahlawanan pada mata pelajaran tematik kelas V di MI Nurul Hidayah Prajekan Bondowoso. (2) untuk menguji kelayakan pengembangan media pembelajaran pop-up book berbasis nilai-nilai kepahlawanan pada mata pelajaran tematik kelas V di MI Nurul Hidayah Prajekan Bondowoso.
Hasil penelitian ini ialah (1) model pengembagan ADDIE pada pengembangan media pembelajaran pop-up book : a. Analisis, yang memfokuskan permasalahan dalam pembelajaran dan kebutuhan peserta didik, b. Desain, menegnai perancangan desain produk dalam hal ini adalah media pembelajaran pop-up book berbasis nilai-nilai kepahlawanan dan penyusunan aturan penggunaan media, c. Pengembangan, hal ini berdasarkan pada penilaian, saran dan komentar para validator sesuai dengan bidang masing-masing, d. Implementasi, dalam penelitian ini di uji cobakan pada 13 peserta didik kelas V MI Nurul Hidayah Prajekan Bondowoso, e. Evaluasi, bertujuan untuk mengetahui keberhasilan penelitian dan pengembangan yang dilakukan pada 13 peserta didik kelas V di MI Nurul Hidayah Prajekan Bondowoso. (2) Hasil kelayakan media pembelajaran pop-up book memiliki nilai 96% dikategorikan sangat valid dari ahli media, 88% dikategorikan sangat valid dari ahli materi, dan 88% sangat valid dari guru kelas V di MI Nurul Hidayah Prajekan Bondowoso.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Diniyah Mar`atus Sholiha |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 02:08 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 02:08 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26827 |
Actions (login required)
View Item |