Hubungan Antara Muatan Lokal Tahfidz Al-Qur'an Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadis Kelas XI Agama di MAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Ayub Wahyudi, Abyan (2023) Hubungan Antara Muatan Lokal Tahfidz Al-Qur'an Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadis Kelas XI Agama di MAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ABYAN AYUB WAHYUDI_T20191124.pdf

Download (8MB)

Abstract

Abyan Ayub Wahyudi, 2023: Hubungan Antara Muatan Lokal Tahfidz Al-Qur’an Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas XI Agama Di MAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci : Hafalan Al-Qur’an dan Hasil Belajar

Pada saat ini sudah banyak lembaga pendidikan seperti sekolah atau madrasah yang menjadikan program Tahfidz Al-Qur’an sebagai program yang harus dilaksanakan dalam setiap lembaga. Salah satu sekolah yang menerapkan prohram tahfidz Al-Qur’an adalah Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. Pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis terdapat banyak materi-materi yang perlu untuk dihafalkan. Siswa yang menghafal Al-Qur’an akan lebih cepat dalam menangkap materi dan dalam menghafalkan materi-materi yang ada di mata pelajaran Al-Qur’an Hadis daripada siswa yang tidak menghafalkan Al-Qur’an. Akan tetapi siswa yang tidak menghafalkan Al-Qur’an juga ada yang dengan mudah menghafalkan materi-materi, begitu pula sebaliknya. Jadi proses hafalan di kelas Agama tergolong cepat karena siswa dari kelas tahfidz sudah terbiasa dengan hafalan.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah adakah hubungan antara Muatan Lokal Tahfidz Al-Qur’an dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas XI Agama di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hubungan antara muatan lokal Tahfidz Al-Qur’an dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas XI Agama di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI Agama yang berjumlah 70 siswa dan sebagai sampel penelitian yang didapatkan menggunakan teknik sensus. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, kuesioner/angket, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan uji hipotesis menggunakan korelasi pearson product moment pada aplikasi SPSS versi 26.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata muatan lokal tahfidz Al-Qur’an melalui penyebaran angket di kelas XI Agama sebesar 85,53 dengan nilai minimum sebesar 69 dan maksimum sebesar 101, adapun nilai rata-rata Al-Qur’an Hadis sebesar 83,73 dengan nilai minimum sebesar 80 dan nilai maksimum sebesar 87. Hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan korelasi pearson product moment ditemukan nilai Sig.(2-tailed) 0,001 < 0,05 maka artinya H_0 ditolak dan H_a diterima, sehingga disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara Muatan Lokal Tahfidz Al-Qur’an dengan Hasil Belajar Siswa pada mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas XI Agama dengan nilai pearson correlation 0,402 yang menandakan terdapat korelasi yang sedang antara dua variabel. Adapun jenis hubungan antara variabel muatan lokal tahfidz Al-Qur’an dengan hasil belajar Al-Qur’an hadis adalah bersifat positif. Maka jika muatan lokal tahfidz Al-Qur’an naik maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas XI Agama juga akan naik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Abyan Ayub Wahyudi
Date Deposited: 14 Jul 2023 06:18
Last Modified: 14 Jul 2023 06:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26926

Actions (login required)

View Item View Item