PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TEMA HIJRAH KE MADINAH KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 9 JEMBER

Siti, Zulaikhah (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TEMA HIJRAH KE MADINAH KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 9 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Zulaikhah_T20191379.pdf

Download (5MB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran masih banyak tenaga pendidik yang menggunakan metode pembelajaran konteksual. Terlebih lagi pada mata pelajaran PAI kebanyakan para pendidik masih menggunakan metode ceramah dalam penyampaian materi yang diajarkan. Sehingga tak jarang dari peserta didik merasa ngantuk, bosan, terkadang kurang memahami apa yang disampaikan, hal ini dapat mempengaruhi hasil belajar. Ini dapat dilihat ketika mereka mendapatkan soal atau pertanyaan yang di berikan peserta didik cenderung tidak bisa menjawab. Dengan hal ini, salah satu cara yang dapat dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar pesertadidik yaitu dengan memilih atau menggunakan strategi, metode, dan model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Berdasarkan latar belakang diatas, dapat dirumuskan permasalahan yaitu : bagaimana penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle dalam meningkatkan hasil belajar pesertadidik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi hijrah ke Madinah sebuah kisah yang membanggakan di SMP Negeri 9 Jember. Dengan tujuan strategi pembelajaran crossword puzzle dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini dalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus, dan setiap siklusnya terdapat empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi pendidik dan pesertadidik, lembar kerja serta dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 32 pesertadidik kelas VII A SMP Negeri 9 Jember.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dalam hasil belajar pesertadidik setelah diterapkannya strategi pembelajaran crossword puzzle pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi hijrah ke Madinah sebuah kisah yang membanggakan yang ditandai dengan meningkatnya hasil belajar setiap siklusnya. Pada siklus I rata-rata nilai yang diperoleh sebesar 61 dengan tingkat ketuntasan 65,25%. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 69 dan tingkat ketuntasan sebesar 71,87%. Sedangkan pada siklus III mengalami peningkatan yang cukup dimana nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 80 serta nilai ketuntasan sebesar 87,5%.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mrs Siti Zulaikhah
Date Deposited: 14 Jul 2023 06:18
Last Modified: 14 Jul 2023 06:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26954

Actions (login required)

View Item View Item