Penerapan metode pembelajaran Take and Give untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negara 1 Jember Tahun pelajaran 2022/2023

Oktahariana, Alifia (2023) Penerapan metode pembelajaran Take and Give untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negara 1 Jember Tahun pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq.

[img] Text
WM skripsi Alifia Oktahariana .pdf

Download (7MB)

Abstract

Alifia Oktahariana, 2023 “Penerapan Metode Pembelajaran Take And Give
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama
Islam Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jember
Tahun Pelajaran 2022/2023
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1
Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan menerapkan metode pembelajaran
Take and Give. Penelitian ini di latar belakangi rendahnya hasil belajar siswa
pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam karena metode pembelajaran yang
tidak bervariasi, membuat siswa merasa bosan saat pembelajaran berlangsung.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas. Dalam penelitian ini peneliti melaksanakan tiga siklus yaitu siklus satu,
siklus dua dan siklus tiga. Tiga siklus tesebut terdiri dari perencanaan, tindakan,
observasi, dan refleksi. Siklus satu dan siklus dua memiliki aksi yang sama,
mereka mengerjakan soal post test, namun di siklus ketiga mereka melakukan
praktik shalat.
.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa
penerapan metode pembelajaran Take and Give dapat meningkatkan hasil belajar
siswa. Hal ini dibuktikan dengan data nilai mulai dari pra siklus, siklus I, siklus II,
dan siklus III. Persentase nilai hasil belajar pra siklus sebesar 6% atau sebanyak 2
siswa yang tuntas. Hasil persentase nilai pada siklus I mencapai 18,75% atau 6
siswa yang tuntas, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 50% atau 16 siswa
yang tuntas dari 36 siswa, dan yang terakhir siklus III meningkat menjadi 84,38%.
Kata Kunci : Take and Give, Hasil belajar, dan Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Depositing User: Alifia Oktahariana
Date Deposited: 14 Jul 2023 01:43
Last Modified: 14 Jul 2023 01:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27130

Actions (login required)

View Item View Item