Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Meningkatkan Citra Madrasah dan Partisipasi Masyarakat di MTs Negeri 2 Jember

AR, Rullyansyah (2023) Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Meningkatkan Citra Madrasah dan Partisipasi Masyarakat di MTs Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
BENDEL FIX RULLY WM2.pdf

Download (9MB)

Abstract

Citra Madrasah dan Partisipasi Masyarakat merupakan aset yang sangat penting sebagai bukti keberadaan dan kualitas bagi madrasah, tentang citra (image) yang ada di dalam benak seseorang untuk menunjukkan kualitas pendidikan sekaliguas pencapaian prestasi madrasah. Untuk mencapai semua itu perlunya manajemen humas yang bagus dan MTs Negeri 2 Jember mempunyai humas. Selain humas yang baik akan menghasilkan kesan yang positif, dalam hal ini humas bisa mengkomunikasikan kegiatan-kegiatan dan keunggulan madrasah ke public. Dengan citra madrasah yang positif akan berdampak pada partisipasi masyarakat terhadap madrasah.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan hubungan masyarakat dalam meningkatkan citra madrasah dan partisipasi masyarakat di MTsN 2 Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan hubungan masyarakat dalam meningkatkan citra madrasah dan partisipasi masyarakat di MTsN 2 Jember? 3) Bagamimana evaluasi hubungan masyarakat dalam meningkatkan citra madrasah dan partisipasi masyarakat di MTsN 2 Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan hubungan masyarakat dalam meningkatkan citra madrasah dan partisipasi masyarakat di MTsN 2 Jember? 2) Untuk mengetahui dan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan hubungan masyarakat dalam meningkatkan citra madrasah dan partisipasi masyarakat di MTsN 2 Jember? 3) Untuk mengetahui dan untuk mendeskripsikan bagamimana evaluasi hubungan masyarakat dalam meningkatkan citra madrasah dan partisipasi masyarakat di MTsN 2 Jember?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Teknik Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode interaktif Miles, Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah: 1) Kondensasi data, 2) Penyajian data, 3) Penarikan Kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi Sumber dan triangulasi teknik.
Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Perencanaan manajemen humas yaitu: a) berkoordinasi kepada kepala madrasah, kemudian dijalankan oleh humas. b) sasarannya yaitu masyarakat. c) menggunakan media komunikasi dan sosial media. 2. Pelaksanaan manajemen humas yaitu: a) pelaksanaan dilakukan setiap tahun. b) pelaksanaan melibatkan warga madrasah. c) setiap progam dibentuk tim panitia. d) Dalam pelaksanaan kepala madrasah sebagai pelindung. 3. Evaluasi manajemen humas yaitu: a) evaluasi dilakukan rutin setiap selesainya kegiatan. b) evaluasi melibatkan keselurahan warga sekolah. c) evaluasi dilakukan dengan cara rapat dan mengisi google form

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: AR Rullyansyah
Date Deposited: 14 Jul 2023 03:11
Last Modified: 14 Jul 2023 03:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27276

Actions (login required)

View Item View Item