Strategi Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Tindakan Preventif melalui Penetapan Aturan Kelas di Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Karunia Pratiwi, Anna (2023) Strategi Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Tindakan Preventif melalui Penetapan Aturan Kelas di Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ANNA KARUNIA PRATIWI_T20191056..pdf

Download (11MB)

Abstract

Anna Karunia Pratiwi, 2023: Strategi Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Tindakan Preventif Melalui Penetapan Aturan Kelas Di Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.

Kata kunci: Strategi Pengelolaan Kelas, Tindakan Preventif, Aturan Kelas

Dalam mengatasi dan mengahadapi serba-serbi karakter siswa di kelasnya, seorang guru perlu memiliki kepiawaian dalam mengatur dan mengelola kelasnya agar tetap kondusif. Adanya peraturan kelas dapat memudahkan guru dalam penanggulangan pelanggaran disiplin, serta sebagai antisipasi terjadinya hal-hal yang dapat menggangu pembelajaran.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peningkatan kesadaran guru dalam strategi pengelolaan kelas pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan tindakan preventif melalui penetapan aturan kelas di kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023? 2) Bagaimana peningkatan kesadaran peserta didik dalam strategi pengelolaan kelas pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan tindakan preventif melalui penetapan aturan kelas di kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023? 3) Bagaimana kontrak sosial dalam strategi pengelolaan kelas pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan tindakan preventif melalui penetapan aturan kelas di kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpuan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Pada penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa: 1) Peningkatan kesadaran guru dianggap cukup baik, karena guru telah menunjukkan beberapa sikap dan ketegasan yang baik untuk kemaslahatan serta ketertiban bersama selama pembelajaran. 2) Peningkatan kesadaran peserta didik dinilai telah cukup baik. Meskipun, masih ada sebagian peserta didik yang masih kurang memiliki tingkat kesadaran diri yang cukup baik. 3) Kontrak sosial dilaksanakan dengan menerapkan beberapa peraturan kelas yakni tidak boleh mengecas HP, tidak boleh makan dan minum selama pembelajaran, tidak boleh membelakangi guru, adanya toleransi keterlambatan selama 15 menit, serta membaca Asmaul Husna sebelum pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Anna Karunia Pratiwi
Date Deposited: 14 Jul 2023 08:10
Last Modified: 14 Jul 2023 08:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27375

Actions (login required)

View Item View Item