Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Produksi Pande Besi Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Di Dusun Pande Desa Binakal Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso.

Haryati, Ms. (2018) Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Produksi Pande Besi Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Di Dusun Pande Desa Binakal Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
HARYATI_083 14 4136.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena penduduk di Desa Binakal khususnya Dusun Pande berprofesi sebagai tukang Pande dan mayoritas penduduk Dusun Pande Desa Binakal mengandalkan pande besi sebagai mata pencaharian utama, karena disetiap rumah rata-rata mempunyai dapur pengolahan atau bengkel pande besi. Selain itu pande besi di Desa Binakal ini sudah turun temurun dari nenek moyang sehingga sudah tidak bisa diprediksi tahun berapa munculnya pande besi ini. Industri pande besi pada awalnya tertumpu pada pembuatan senjatasenjata tradisional seperti keris, parang dan pedang yang diturunkan secara turun temurun yang melibatkan segala potensi yang ada dikeluarga dan masyarakat sekitar. Mengenai Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana pola kegiatan produksi pande besi di Dusun pande Desa binakal? (2) Apakah produksi pande besi di Dusun Pande Desa Binakal dapat meningkatkan pendapatan masyarakat? (3) Bagaimana pola kegiatan produksi pande besi di Dusun Pande Desa Binakal di tinjau menurut ekonomi Islam? Berdasarkan masalah yang telah dirumuskan, maka penelilian ini bertujuan dalam untuk: (1) Mengetahui dan mendeskripsikan pola kediatan produksi pande besi di Dusun Pande Desa Binakal. (2) Mengetahui benar tidaknya produksi pande besi di Dusun Pande Desa Binakal dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. (3) Mengetahui praktek kegiatan produksi pande besi di Dusun Pande Desa Binakal di tinjau menurut ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualititatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Dalam penentuan subjek penelitian menggunakan purposive sampling serta menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan. (1) Proses produksi pande besi: menyiapkan bahan baku dan alatnya, penempaan, penajaman, penghalusan, pengikiran, pemberian gagangan, kemudian pemasaran. (2) Industri pande besi ini memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Masyarakat Dusun Pande Desa Binakal setelah adanya industri pande besi ini pendapatannya bertambah. (3) Produksi pande besi yang dilakukan di Dusun Pande Desa Binakal kabupaten Bondowoso setelah di tinjau dari maqosid syari’ah yaitu: Hifdzu Ad-Dien, Hifdzu An-Nafs, Hifdzu Al-‘Aql, Hifdzu An-Nasl, Hifdzu Maal. produksi pande besi ini tidak dilarang dalam Al-Qur’an, karena barang yang diproduksi bukan barang yang haram melainkan barang yang dapat menunjang kebutuhan manusia. Dari segi pendapatan bahan baku, pekolahan bahan baku, sampai kepemasarannya, usaha ini sesuai dengan syariat Islam. Kata kunci: Ekonomi Islam, Produksi, Pande Besi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 16 Aug 2023 07:25
Last Modified: 16 Aug 2023 07:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28291

Actions (login required)

View Item View Item