Pengaruh Kecemasan Terhadap Kesiapan Dalam Mengahadapi Tantangan Dunia Kerja Pada Mahasiswa Psikologi Islam Angakatan 2018 Di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achamad Siddiq Jember

Fadilatul Munawaroh, Ratna (2023) Pengaruh Kecemasan Terhadap Kesiapan Dalam Mengahadapi Tantangan Dunia Kerja Pada Mahasiswa Psikologi Islam Angakatan 2018 Di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achamad Siddiq Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ratna Fadilatul Munawaroh-D20185057-PSI (4).pdf

Download (2MB)

Abstract

Kecemasan merupakan perasaan afektif yang kurang menyenangkan yang biasanya disertai dengan munculnya reaksi fisik pada seseorang apabila dihadapkan pada sesuatu hal dianggap membahayakan. Tidak sedikit seseorang akan mengalami rasa cemas pada dirinya terutama pada mahasiswa. Dimasa akhir perkuliahan tidak jarang mahasiswa akan merasa cemas dengan jenjang karirnya kedepan. Sehingga mereka akan mulai mempersiapkan dirinya untuk siap menghadapi tantangan dunia setelah masa perkuliahan yaitu tantangan dunia kerja.
Fokus masalah pada penelitian ini merupakan, apakah terdapat kecemasan yang dapat mempengaruhi kesiapan menghadapi tantangan dunia kerja pada mahasiswa psikologi islam angkatan 2018 di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddig Jember. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidak kecemasan yang dapat mempengaruh kesiapan menghadapi tantangan dunia kerja pada mahasiswa psikologi islam angkatan 2018 di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddig Jember. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur yakni dengan penyebaran angket. Metode analisis data menggunakan uji normalitas, uji liniearitas, uji regresi sederhana, dan uji hipotesis menggunakan uji diterminasi, yang kemudian diolah menggunakan SPSS 25 for winndows versi 25.0.0.0.
Nilai determinasi atau Adjusted R square sebesar 0,611 atau 61,1%. Hal tersebut berarti kecemasan memiliki pengaruh yang tinggi terhadap kesiapan mahasiswa psikologi Islam angkatan 2018 dalam menghadapi tantangan dunia kerja.
Berdasarkan hasil yang didapat nilai Sig pada uji F sebesar 0,00 atau kurang dari 0,05 berarti Ha diterima atau variabel kecemasan benar-benar mempengaruhi variabel kesiapan menghadapi tantangan dunia kerja. Yang mana berarti kecemasan berpengaruh terhadap kesiapan menghadapi tantangan dunia kerja pada mahasiswa psikologi islam angkatan 2018 di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Kata Kunci :Kecemasan, Kesiapan, Tantangan Dunia Kerja, Mahasiswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170107 Industrial and Organisational Psychology
Depositing User: Ratna Fadilatul Munawaroh
Date Deposited: 18 Aug 2023 03:35
Last Modified: 18 Aug 2023 03:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28352

Actions (login required)

View Item View Item