ANALISIS STRATEGI HANDLING AND SETTLEMENT PEMBIAYAAN BERMASALAH DI BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH BHAKTI SUMEKAR CABANG JEMBER

Adawiyah, Robiatul (2023) ANALISIS STRATEGI HANDLING AND SETTLEMENT PEMBIAYAAN BERMASALAH DI BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH BHAKTI SUMEKAR CABANG JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Digilib Robiatul Adawiyah.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Robiatul Adawiyah, Dr. Khamdan Rifa’i, S.E., M.Si 2023: Analisis Strategi Handling And Settlement pembiayaan bermasalah di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Bhakti Sumekar Cabang Jember.

Kata Kunci : strategi penanganan, penyelesaian, pembiayaan bermasalah

Penanganan dan penyelesaian pembiayaan bermasalah merupakan pencegahan yang dilakukan bank agar tidak terjadi pembiayaan bermasalah. Pembiayaan bermaslaah ini merupakan suatu keadaan penyimpanan utama dalam pembayaran kembali pembiayaan yang menyebabkan keterlambatan dalam pengembalian yang menyebabkan kerugian bagi lembaga. Dengan adanya penanagan dan penyelesaian pembiayaan bermasalah ini diharapkan agar tidak mengancam kelangsungan hidup bank.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1. Bagaimana Strategi Handling (penanganan) pembiayaan bermasalah di Bprs Bhakti Sumekar cabang Jember. 2. Bagaimana Settlement (penyelesaian) pembiayaan bermasalah di Bprs Bhakti Sumekar cabang Jember.
Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui bagaimana Strategi Handling (penanganan) pembiayaan bermasalah di Bprs Bhakti Sumekar cabang Jember. 2. Untuk mengetahui bagaimana Strategi Settlement (penyelesaian) pembiayaan bermasalah di Bprs Bhakti Sumekar cabang Jember.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis bersifat deskriptif. Metode kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penanganan dan penyelesaian pembiayaan bermasalah sangat berdampak dalam perbankan karena jika penanagan dan penyelesaian tidak diberlakukan maka resikonya akan terjadi pembiayaan bermasalah yang mengakibatkan dampak fatal bagi perbankan.1) Strategi penanganan pembiayaan bermasalah yang dilakukan BPRS Bhakti Sumekar Cabang Jember yang pertama itu dapat dilihat dari carakter nasabah, credibilitas nasabah. Cara agar pembiayaan bermasalah ini tidak terjadi dapat dilakukan dengan cara melakukan pencegahan dengan cara memper kuat AO dengan diberikan pelatihan untuk menambah ilmu, diajarin bagaimana cara memberikan pembiayaan dan menganalisa yang baik dan dilakukannya pendekatan dengan nasabah. Dan juga dilakukan ada audit internal. Selain itu juga pencegahan juga ada penyelamatan yaitu dengan cara dilakukan penagihan rutin mengontrol secara rutin lewat via telephone dan jika nasabah tersebut susah ditemui maka nanti akan ada surat tanggapan dan nantinya akan turun surat sp1, sp2, sp3. 2) Jika penanganan sudah dilakukan namun nasabah masih ada i’tikad baik untuk membayar dan sudah terlanjur macet maka BPRS Bhakti suemkar Cabang Jember akan melakukan restrukturasi dengan menggunakan 3R Reschceduling, Reconditioning, dan restrukturing. Dan jika nasabah sudah benar benar mengalami kemacetan dan tidak bisa ditagih maka akan lari kepenguasaan jaminan dan penjualan aset.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Depositing User: Mrs Robiatul Adawiyah
Date Deposited: 18 Sep 2023 08:00
Last Modified: 18 Sep 2023 08:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28518

Actions (login required)

View Item View Item