Analisis Peran Mediasi Kepuasan Pelanggan Pada Pengaruh Islamic Marketing Mix Terhadap Loyalitas Pelanggan Milenial Muslim

Mohamad, Mondir (2023) Analisis Peran Mediasi Kepuasan Pelanggan Pada Pengaruh Islamic Marketing Mix Terhadap Loyalitas Pelanggan Milenial Muslim. Masters thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Mohamad Mondir-213206060016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK
Mohamad Mondir, 2023. Analisis Peran Mediasi Kepuasan Pelanggan Pada Pengaruh Islamic Marketing Mix Terhadap Loyalitas Pelanggan Milenial Muslim. Tesis. Program Studi Ekonomi Syariah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. Ahmadiono, S.Ag., M.E.I. Pembimbing II: Dr. Hari Sukarno, M.M., CRA., CSF.

Kata Kunci: Islamic Marketing Mix, Loyalitas Pelanggan, Kepuasan Pelanggan

Kemajuan internet yang begitu pesat di Indonesia, merubah gaya hidup masyarakat Indonesia, khususnya para generasi milenial. Adanya internet, membuat generasi milenial lebih sering melakukan transaksi secara online. Keadaan tersebut menciptakan banyak e-commerce di Indonesia yang menjadi wadah bagi generassi milenial untuk melakukan pembelian barang atau jasa secara online. Shoppe merupakan salah satu e-commerce yang memiliki banyak loyalitas pelanggan. Di Indonesia, Shopee merupakan market leader yang menggunakan bauran pemasaran syariah (Islamic marketing mix) untuk mempertahankan posisinya di pasar Indonesia. Konsep Islamic marketing mix yang berlandaskan kepada prinsip ekonomi Islam, dinilai sangan cocok untuk diterapkan terhadap generasi milenial dan di era digital.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran Islami (Islamic marketing mix) yang terdiri dari product, price, place, promotion, process, people dan physical evidence terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode random sampling dan convenience sampling dengan kuisioner sebaga alat pengumpulan data dan diukur skala Likert. Ada 159 kuesioner yang dikumpulkan dari pelanggan Muslim milenial di Jember sebagai sampel penelitian. Data kemudian, dianalisis dengan menggunakan analisis jalur (path analysis)

Hasil analisis menunjukkan bahwa produk (product), tempat (place), promosi (promotion) dan orang (people) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan harga (price), proses (process) dan bukti fisik (physical evidence) tidak berpengaruh signifikan. Produk (product), promosi (promotion) dan bukti fisik (physical evidence) juga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan sedangkan harga (price), tempat (place), proses (process) dan orang (people) tidak berpengaruh signifikan. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa kepuasaan pelanggan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Oleh karena itu, Kepuasan pelanggan tidak dapat memediasi produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion), proses (process), orang (people) dan bukti fisik (physical evidence) secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Digital marketing, Transaksi online
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Mohamad Mondir
Date Deposited: 10 Oct 2023 07:01
Last Modified: 10 Oct 2023 07:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28646

Actions (login required)

View Item View Item