Strategi Publik Relation Dinas Komunikasi dan Informatika dalam Peningkatan Pelayanan Informasi Publik melalui Aplikasi JKOPI di Kabupaten Jember

Isharuddin, Heru (2023) Strategi Publik Relation Dinas Komunikasi dan Informatika dalam Peningkatan Pelayanan Informasi Publik melalui Aplikasi JKOPI di Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Mohammad Isharuddin D20191062.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Mohammad Isharuddin, 2023: Strategi Public Relation Disnas Komunikasi dan Informatika dalam Peningkatan Pelayanan Informasi Publik Melalui Aplikasi JKOPI di Kabupaten Jember

Kata Kunci: Strategi Public Relation, Diskominfo, Pelayanan Informasi Publik, Aplikasi JKOPI ( Jember Kota Pintar )

Pada umumnya pemerintah dalam memberikan suatu pelayanan kepada publik harus bersifat cepat dan tepat sehingga mampu memberikan kemudahan bagi publik dalam menerima suatu pelayanan. namun pada kenyataannya masih banyak sekali kesulitan dalam menerima suatu pelayanan yang di berikan oleh pemerintah seperti sulitnya mendapatkan informasi terkait pelayanan tersebut. Dsikominfo hadir dengan strategi public relation melalui Aplikasi JKOPI ( Jember Kota Pintar ) sebagai upaya dalam peningkatan pelayanan informasi Publik.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Strategi Public Relation Diskominfo dalam Peningkatan Pelayanan Informasi Publik berbasis mobile di Kabupaten Jember? 2) Bagaimana fungsi Aplikasi JKOPI ( Jember Kota Pintar ) sebagai Pelayanan Informasi Publik di Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan strategi public relation Diskominfo dalam peningkatan pelayanan informasi public berbasis mobile di Kabupaten Jember. 2) Untuk mendeskripsikan fungsi Aplikasi JKOPI ( Jember Kota Pintar ) sebagai pelayanan informasi public di Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi terus terang, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Kemudian dalam teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik purposive dengan maksud pengambilan sumber data dengan pertimbangan tertentu terkait strategi public relation Diskominfo dalam peningkatan pelayanan informasi publik melalui Aplikasi JKOPI ( Jember Kota Pintar ) di Kabupaten Jember.
Simpulan dari hasil penelitian ini bahwa 1) Strategi Public Relation Diskominfo dalam meningkatkan suatu layanan informasi kepada publik yakni dengan menjalin hubungan dengan seluruh OPD Jember dalam mengintegrasikan pelayanan public di dalam Aplikasi JKOPI ( Jember Kota Pintar ) serta publikasi melalui media sosial dan media elektronik seperti baliho dan stiker pada mobil.2) Aplikasi JKOPI ( Jember Kota Pintar ) berfungsi sebagai suatu wadah terkait informasi tentang adanya pelayanan – pelayanan yang di sediakan oleh pemerintah pada setiap OPD Kabupaten Jember seperti surat menyurat yang di butuhkan oleh masyarakat. 3) Dengan bermodalkan smarthphone saja masyarakat Kabupaten Jember mampu mengakses informasi terkait pelayanan – pelayanan yang di butuhkan di manapun dan kapan pun tanpa di pungut biaya, cukup mencantumkan KTP guna sebagai database kependudukan asli Jember yang di ukur pada grafik penggunaan dan pengunjung Aplikasi JKOPI ( Jember Kota Pintar ).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: S.Sos Mohammad Isharuddin Yasin
Date Deposited: 20 Oct 2023 01:51
Last Modified: 20 Oct 2023 01:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28835

Actions (login required)

View Item View Item