Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Bidang Fashion Melalui Bauran Pemasaran (Studi Kasus Griya Batik Sri Siji Nganjuk)

Nur Hayati, Binti (2023) Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Bidang Fashion Melalui Bauran Pemasaran (Studi Kasus Griya Batik Sri Siji Nganjuk). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Binti Nur Hayati _E20192013.pdf

Download (4MB)

Abstract

Binti Nur Hayati, 2023: Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Bidang Fashion Melalui Bauran Pemasaran (Studi Kasus Griya Batik Sri Siji Nganjuk)

Kata Kunci : Strategi Pengembangan, Ekonomi Kreatif, Bauran Pemasaran
Sejalan dengan perkembangan industri kreatif yaitu pengembangan kegiatan ekonomi yang didasarkan pada kreativitas, keterampilan, dan kemampuan individu untuk menciptakan daya cipta dan kreativitas individu yang memiliki nilai ekonomi dan mempengaruhi kesejahteraan masyarakat, khususnya industri kreatif di Kabupaten Nganjuk. Dimana Kabupaten Nganjuk juga memiliki beberapa produk kreatif unggulan, salah satunya produk unggulan fashion yaitu Batik khas Nganjuk dari Griya Batik Sri Siji Nganjuk. Industri Batik Griya Batik Sri Siji Nganjuk merupakan salah satu rumah produksi kain batik home made di Kabupaten Nganjuk yang terkenal dengan kualitas dan harga bersaing dengan berbagai motif khas yang menjadi daya tarik masyarakat Kabupaten Nganjuk yang berkembang saat ini. Perkembangan industri batik Griya Batik Sri Siji Nganjuk dikenal cukup berkembang sehingga mampu mempertahankan kualitas yang baik untuk memenuhi permintaan konsumen akan kain batik khususnya kain batik khas Nganjuk.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : Bagaimana strategi pengembangan ekonomi kreatif bidang fashion melalui bauran pemasaran (Studi Kasus Griya Batik Sri Siji Nganjuk)?.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan industri kreatif bidang fashion batik melalui bauran pemasaran yang dilakukan oleh pemilik industri batik Griya Batik Sri Siji Nganjuk.
Dalam metode penelitian yang digunakan peneliti, yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini berada di Perumnas Candi Rejo Megah, Blog GG No. 10 Desa Gejagan, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk. Subjek penelitian yaitu pemilik, karyawan pemasaran dan konsumen Industri Batik Griya Batik Sri Siji Nganjuk yang diyakini memiliki pengetahuan tentang masalah yang diangkat oleh penelitian. Dalam teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber.
Hasil penelitian peneliti adalah : 1) Pengembangkan usaha Griya Batik Sri Siji Nganjuk dengan menerapkan keterampilan dalam identifkasi, peramalan, inovasi, evaluasi dan membuat suatu keputusan. 2) Strategi Produk, menjaga kualitas dan kepuasan pelanggan dengan memperhatikan kualitas bahan, pewarnaan hingga proses produksi sehingga menghasilkan motif ragam kain batik.3) Strategi harga, harga yang diberikan disesuaikan dengan pasar dan dilihat dari kualitas produk, bahan dan tingkat kesulitan.4) Strategi Lokasi dan Distribusi, Griya Sri Siji Nganjuk berada di dalam Perumahan dilihat kurang strategis namun tidak menjadi kendala dalam pemasaran dan produksi. 5) Strategi promosi, menggunakan media sosial dan pemasaran offline, konsumen datang langsung ke Galeri Griya Batik Sri Siji Nganjuk, serta mengikuti kegiatan pameran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150306 Industrial Relations
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Binti Nur Hayati
Date Deposited: 24 Oct 2023 04:03
Last Modified: 24 Oct 2023 04:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28885

Actions (login required)

View Item View Item