Analisis Perilaku Pedagang Dalam Pembentukan Harga Barang Pokok Di Pasar Sri Rejeki Kalibarukulon Kalibaru Banyuwangi

Sya'adah, Ma'rifatus (2023) Analisis Perilaku Pedagang Dalam Pembentukan Harga Barang Pokok Di Pasar Sri Rejeki Kalibarukulon Kalibaru Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ma'rifatus Skrispi ES..pdf

Download (12MB)

Abstract

Ma’rifatus Sya’adah, Prof. Dr. Khamdan Rifa’i, SE., M.Si, 2023: Analisis Perilaku Pedagang Dalam Pembentukan Harga Barang Pokok di Pasar Sri Rejeki Kalibarukulon Kalibaru Banyuwangi.
Kata kunci: perilaku pedagang, pembentukan harga, pasar tradisional Sri Rejeki Kalibarukulon
Dalam perekonomi penduduk Kalibarukulon sebagian besar bekerja disektor perkebunan, sehingga sektor pertanian tidak dapat memenuhi permintaan masyarakat daerah tersebut. Hal ini menyebabkan banyak dari pedagang yang ada di Desa Kalibaru Kulon mendatangkan barang kebutuhan pokok dari luar kecamatan Kalibaru. Perilaku pedagang adalah suatu kegiatan, aktivitas atau tindakan yang dilakukan oleh pedagang dalam penyaluran barang atau jasa kepada konsumen. Sedangkan pembentukan harga merupakan tindakan dalam menentukan nilai suatu produk atau layanan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1). Bagaimana perilaku pedagang dalam pembentukan harga kebutuhan pokok di Pasar Sri Rejeki Kalibarukulon Kalibaru Banyuwangi? (2). Bagaimana analisis penerapan perilaku pedagang dalam pembentukan harga pada persaingan dagang di Pasar Sri Rejeki Kalibarukulon Kalibaru Banyuwangi?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku pedagang dalam pembentukan harga barang pokok di Pasar Sri Rejeki Kalibarukulon Kalibaru Banyuwangi dan penerapan perilaku pedagang dalam pembentukan harga pada persaingan dagang di Pasar Sri Rejeki Kalibarukulon Kalibaru Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Dalam menentukan informan peneliti menggunakan teknik purposive merupakan teknik pengambilan sumber data dengan pertimbangan tertentu dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Ditemukan bahwa tidak semua tahapan pembentukan harga dilakukan oleh pedagang hanya dari segi melihat reaksi dalam persaingan yang terjadi di pasar Sri Rejeki Kalibarukulon. Metode pembentukan harga yang digunakan pedagang sembako adalah metode penetapan harga berbasis biaya (mark up). (2). Ditemukan pedagang yang belum mengikuti sepenuhnya norma-norma perilaku pedagang yang umum diterapkan. Beberapa di antara pedagang ini tidak menjalankan proses takaran dengan akurasi penuh, yang mengakibatkan beberapa orang terlibat dalam tindakan tidak jujur saat melakukan penimbangan barang dagangan mereka saat berjualan. Juga adanya persaingan antar pedagang di Pasar Sri Rejeki dikarenakan harga sembako cenderung sama, barang yang dijual serupa, dan saluran distribusi dari pemasok sama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ma'rifatus Sya'adah
Date Deposited: 26 Oct 2023 04:05
Last Modified: 26 Oct 2023 04:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28911

Actions (login required)

View Item View Item