Peran Guru Bahasa Arab Dalam Mensukseskan Pembelajaran Bahasa Arab pada aspek Kompetensi Membaca (Study Kasus Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember)

زينوري, mr (2017) Peran Guru Bahasa Arab Dalam Mensukseskan Pembelajaran Bahasa Arab pada aspek Kompetensi Membaca (Study Kasus Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
زينوري_٠٨٤٩٢١٤٠١٣.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata kunci: peran guru, kompetensi membaca Peran guru merupakan topik yang menarik untuk dibahas menjadi sebuah kajian dalam penelitian karena dalam kegiatan belajar mengajar sangat penting bahkan menjadi penentu sukses tidaknya dalam mendidik tingkah laku para siswa, oleh karna itu seorang guru tidak hanya di tuntut sekedar mengajar meteri saja tapi juga tingkah laku para siswa. Fokus penelitian ini adalah Peran Guru Bahasa Arab Dalam Mensukseskan Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Kompetensi Membaca (Study Kasus Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 jember) apa peran guru sebagai sumber ilmu Dalam Mensukseskan Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Kompetensi Membaca, apa peran guru sebagai motivator Dalam Mensukseskan Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Kompetensi Membaca, apa guru yang berperan sebagai model Dalam Mensukseskan Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Kompetensi Membaca. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peran guru yang berperan sebagai sumber ilmu Dalam Mensukseskan Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Kompetensi Membaca, peran guru yang berperan sebagai motivator Dalam Mensukseskan Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Kompetensi Membaca, guru yang berperan sebagai model Dalam Mensukseskan Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Kompetensi Membaca. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data model interaktif Miles dan Huberman.Keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan teknik. Hasil analisis menunjukkan bahwa peran guru bahasa arab dalam mensukseskan pembelajaran bahasa arab memiliki peran yang sangat penting, hal itu tampak bahwa murid sangat bergantung pada guru. guru berperan sebagai sumber pengetahuan maka dari itu guru harus menjadikan pembelajaran menarik dan memberi tahu kepada siswa tatacara belajar yang kreatif dan efektif dan hal yang tidak kalah pentingnya seorang guru harus matang dalam merencanakan pembelajaran yang dilanjutkan dengan pelaksanaan pempelajaran dan yang diakhiri dengan evaluasi pembelajaran. Guru berperan sebagai motivator seorang guru harus selalu memberi motivasi pada peserta didiknya tapi kadang kadang seorang guru harus memberi hukuman pada anak didiknya dengan tujuan mendidik siswa menjadi lebih baik dan tidak mengulangi pelanggaran yang sama. Guru perperan sebagai model: salah satu tujuan pendidikan adalah menimbulkan akhlaqul karimah sehingga seorang guru harus memberi contoh yang baik karena guru menjadi panutan peserta didik hal yang paling penting adalah seorang guru harus melakukan terlebih dahulu sebelum menyuruh kepada peserta didiknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 26 Oct 2023 07:03
Last Modified: 26 Oct 2023 07:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29011

Actions (login required)

View Item View Item