PENERAPAN TEKNIK ICE BREAKING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI JUMERTO 01 JEMBER

Almara Yuva, Maydinda MJ (2023) PENERAPAN TEKNIK ICE BREAKING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI JUMERTO 01 JEMBER. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Maydinda MJ Almara Yuva NIM 213206040005 WATERMARK.pdf

Download (4MB)

Abstract

Suasana belajar yang menyenangkan mampu menarik perhatian siswa untuk mengikuti pembelajaran. Siswa menjadi lebih aktif dan bersemangat ketika mengikuti proses pembelajaran dan menjadi termotivasi untuk belajar sehingga nantinya tujuan pembelajaran yang ingin dicapai tidak salah arah dan efektif. Pada proses pembelajaran, perhatian dan motivasi merupakan dua hal yang paling utama dan tidak dapat.. diabaikan. Jika tidak ada perhatian dan motivasi, hasil belajar tidak akan dicapai secara maksimal. Maka, perlu upaya untuk membangkitkan motivasi belajar siswa melalui cara yang tepat agar mampu mendorong siswa untuk belajar.
Fokus Penelitian: 1) Bagaimana Penerapan Teknik Ice breaking secara Browsing and Sharing dalam Meningkatkan Motivasi pada Pembelajaran Tematik di SDN Jumerto 01 Jember?, 2) Bagaimana Penerapan Teknik Ice breaking secara Modification dalam Meningkatkan Motivasi pada Pembelajaran Tematik di SDN Jumerto 01 Jember?, Tujuan Penelitian: 1) Menganalisis Penerapan Teknik Ice breaking secara Browsing and Sharing dalam Meningkatkan Motivasi pada Pembelajaran Tematik di SDN Jumerto 01 Jember. 2) Menganalisis Penerapan Teknik Ice breaking secara Modification dalam Meningkatkan Motivasi pada Pembelajaran Tematik di SDN Jumerto 01 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Penentuan subyek penelitian dilakukan secara Purposive. Sumber data mengguanakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi nonpartisipan, Wawancara semi setruktur dan dokumentasi. Analisis Data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi tehnik.
Hasil Penelitian : 1) Penerapan Teknik Ice breaking secara Browsing and Sharing dalam Meningkatkan Motivasi pada Pembelajaran Tematik yang dilakukan memiliki efek yang positif terhadap motivasi belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari keterlibatan aktif siswa ketika pembelajaran berlangsung, minat siswa yang lebih tinggi dari pada sebelum diberikanya ice breaking. 2) Penerapan Teknik Ice breaking secara Modification dalam Meningkatkan Motivasi pada Pembelajaran Tematik yaitu melalui kegiatan yang tepat untuk mengembalikan semangat serta memotivasi siswa dalam belajar, gaya yang santai dan fleksibel menjadi nilai yang unik dalam ice breaking.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160701 Clinical Social Work Practice
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maydinda MJ Almara Yuva
Date Deposited: 06 Nov 2023 07:39
Last Modified: 06 Nov 2023 07:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29101

Actions (login required)

View Item View Item