Pencatatan Transaksi Pada Usaha Keluarga Skala Kecil Dengan Pendekatan Socioemotional Weath Di Rental PS House Of Game Desa Sumberan Kecamatan Ambulu

Muhammad, Afifuddin (2023) Pencatatan Transaksi Pada Usaha Keluarga Skala Kecil Dengan Pendekatan Socioemotional Weath Di Rental PS House Of Game Desa Sumberan Kecamatan Ambulu. Undergraduate thesis, Universitas islam negeri kiai haji achmad sidiq jember.

[img] Text
MUHAMMAD AFIFUDDIN_E20173094.pdf

Download (5MB)

Abstract

Muhammad Afifuddin, Agung Parmono, SE, M.Si, 2023: Pencatatan Transaksi Pada Usaha Keluarga Skala Kecil Dengan Pendekatan Socioemotional Weath Di Rental PS House Of Game Desa Sumberan Ambulu Jember.
Usaha keluarga merupakan usaha yang diturunkan kepada anggota keluarga, yang mana didalamnya terdapat hubungan antara usaha dengan pemilik yang merupakan pendiri dan bertindak sebagai Chief Executive Officer (CEO), anggota keluarga sebagai pengelola, dan setidaknya satu lainnya karyawan, Sedangkan yang dimaksud dengan usaha kecil merupakan bentuk usaha yang memiliki penghasilan dibawah 1 miliar dan hanya memiliki jumlah karyawan 5 sampai dengan 10.
Oleh karena itu diperlukan pembahasan lebih lanjut mengenai: (1) bagaimana pencatatan transaksi dan laporan keuangan dalam usaha keluarga Skala kecil yang ada di Rental PS House Of Game Desa Sumberan (2) bagaimana anggota keluarga berpengaruh terhadap pencatatan transaksi pada usaha keluarga skala kecil di Rental PS House Of Game Desa Sumberan.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengevaluasi pencatatan transaksi dan pelaporan keuangan dalam usaha keluarga skala kecil di Rental PS House Of Game Desa Sumberan (2) mengevaluasi pengaruh anggota keluarga terhadap pencatatan transaksi pada usaha keluarga di Rental PS House Of Game Desa Sumberan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, adapun lokasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu di Rental PS House Of Game Desa Sumberan Kecamatan Ambulu Jember. Teori yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tiga variabel, yaitu: usaha keluarga skala kecil, Socioemotional Wealth, dan pencatatan transaksi. Subyek penelitian ini menggunakan purposive yaitu salah satu jenis teknik penetapan dengan cara memilih sampel diantara populasi dengan kriteria tertentu yang telah dikehendaki oleh peneliti yang meliputi tujuan/masalah dalam suatu penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang digunakan, ada tiga diantaranya yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa SEW masih tidak dapat dihindari dalam menjalankan usaha keluarga skala kecil. Anggota keluarga masih berpengaruh besar dalam pembuatan keputusan usaha, khususnya dalam pencatatan transaksi keuangan usaha di Rental PS. Kesejahteraan keluarga dan hubungan baik antar keluarga menjadi hal terpenting utama dalam menjalankan usaha di Rental PS. SEW atau keterikatan emosional antar anggota keluarga menghambat Rental PS dalam melakukan pencatatan secara mendetail dan terstruktur.

Kata kunci: Usaha Keluarga Skala Kecil, Socioemotional Wealth, Pencatatan Transaksi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010205 Financial Mathematics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Man Muhammad Afifuddin
Date Deposited: 01 Nov 2023 07:51
Last Modified: 01 Nov 2023 07:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29105

Actions (login required)

View Item View Item