PENGAJIAN KITAB DURRATUN NASHIHIIN DALAM MENINGKATKAN PENGAMALAN IBADAH SHOLAT PADA MASYARAKAT DUSUN PARASGOWANG DESA PANDANARUM KECAMATAN TEMPEH KABUPATEN LUMAJANG

hasbun, allah (2023) PENGAJIAN KITAB DURRATUN NASHIHIIN DALAM MENINGKATKAN PENGAMALAN IBADAH SHOLAT PADA MASYARAKAT DUSUN PARASGOWANG DESA PANDANARUM KECAMATAN TEMPEH KABUPATEN LUMAJANG. Masters thesis, uin khas jember.

[img] Text
TESIS HASBUNALLAH.pdf

Download (51MB)

Abstract

ABSTRAK
Hasbunallah, 2023. Pengajian Kitab Durratun Nashihin Dalam Meningkatkan Pengamalan Ibadah Sholat Pada Masyarakat Dusun Parasgowang Desa Pandanarum Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing 1. Dr. H. Abd. Muhith, S.Ag, M.Pd.I. Pembimbing 2. Dr. Lailatul Usriyah, M.Pd.I.
Kata Kunci : Pengajian, Kitab Durratun Nashihiin, Pengamalan Ibadah Sholat.
Adapun yang menjadi alasan utama dari peneliti untuk mengangkat judul penelitian ini adalah kurangnya pemahaman masyarakat terhadap materi kajian kitab Durratun Nashihiin, masyarakat kurang pemahamannya terhadap keutamaan-keutamaan yang ada di dalam kitab Durratun Nashihiin, masyarakat terlalu sibuk mencari materi, sehingga waktu untuk belajar ilmu agama sangat minim. Ditengah-tengah masyarakat, terdapat pendidikan informal yaitu berupa pengajian kitab Durratun Nashihiin. adapun sisi khas dari kitab ini adalah materi yang dibahas banyak mengandung keutaman-keutamaan dalam ibadah, membahas tentang akidah, akhlak dan ibadah, serta beberapa kisah-kisah motivasi islami. Pengajian ini sangat cocok untuk diikuti oleh masyarakat.
Fokus dan tujuan penelitian ini adalah 1) materi pegajian kitab Durratun Nashihiin dalam peningkatan pengamalan ibadah sholat masyarakat Dusun Parasgowang 2) penggunaan metode pegajian kitab Durratun Nashihiin dalam peningkatan pengamalan ibadah sholat masyarakat Dusun Parasgowang 3) penggunaan media pegajian kitab Durratun Nashihiin dalam peningkatan pengamalan ibadah sholat masyarakat Dusun Parasgowang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun teknik yang digunakan di dalam penggalian data adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut : 1) Setelah masyarakat memahami materi-materi yang disampaikan dalam proses pengajian kitab Durratun Nashihiin, masyarakat berusaha untuk meningkatkan kekhusyu’an dalam ibadah sholat, serta senantiasa untuk selalu menjauhi larangan dan menaati perintah-Nya. 2) metode yang digunakan dalam proses pengajian kitab Durratun Nashihiin adalah metode bandongan dan sorogan, namun metode demonstrasi juga digunakan pada beberapa materi yang dibutuhkan praktek. 3) media dipakai dalam proses pengajian adalah media cetak berupa kitab Durratun Nashihiin.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Hasbun Allah
Date Deposited: 09 Nov 2023 02:06
Last Modified: 09 Nov 2023 02:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29275

Actions (login required)

View Item View Item