Peran Nyai Nasiroh dalam Mengembangkan Pendidikan di Pondok Pesantren Putri Minhajut Thullab Banyuwangi.

IZZAH, KHOLILATUL (2021) Peran Nyai Nasiroh dalam Mengembangkan Pendidikan di Pondok Pesantren Putri Minhajut Thullab Banyuwangi. Masters thesis, Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
KHOLILATUL IZZAH_0849319057.pdf

Download (12MB)

Abstract

Kata Kunci: Peran Perempuan, Pengembangan Pendidikan Pesantren Peran perempuan dalam mengembangkan pendidikan di pesantren merupakan topik pembahasan yang unik dan menarik untuk di kaji dalam penelitian, karena posisi perempuan selama ini banyak terdiskriminasi dan di nomor duakan keberadaannya dengan adanya budaya patriarki sehingga banyak kaum perempuan di domestikasi, potensi intelektualnya dibekukan dan dibatasi, tidak berkembang serta mengendap sebab di sortir dengan dalih adanya beberapa hadits yang membatasi ruang gerak perempuan, sehingga perempuan diposisikan sebagai kelompok subordinat. Pandangan semacam ini cukup merugikan karena tak dapat dipungkiri torehan sejarah mengenai prestasi, intelektual, perjuangan dan kiprah perempuan dalam pendidikan banyak tercatat dalam sejarah. Ditengah pandangan miring terhadap kiprah perempuan, justru hadir sosok Nyai Nasiroh yang mampu berperan dalam mengembangkan pendidikan pesantren putri baik dilihat dari ranah domestik dan ranah publik. Fokus Penelitian ini adalah Bagaimana Peran Nyai Nasiroh dalam mengembangkan pendidikan di Pondok Pesantren putri dilihat dari ranah Domestik? Bagaimana Peran Nyai Nasiroh dalam mengembangkan pendidikan di Pondok Pesantren putri dilihat dari ranah Publik? Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Peran Nyai Nasiroh dalam mengembangkan Pendidikan di Pondok Pesantren putri dilihat dari ranah Domestik.Untuk Mendeskripsikan Peran Nyai Nasiroh dalam mengembangkan pendidikan di Pondok Pesantren putri dilihat dari ranah Publik di Pondok Pesantren putri Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Studi Kasus, Pengumpulan Data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan Teknik Analisis Data yang digunakan yaitu model interaktif Miles dan Huberman. Keabsahan Data dilakukan dengan Teknik Triangulasi Sumber, Teknik, dan Waktu. Hasil penelitian yang di temukan dalam penelitian yaitu: Pertama: Dari ranah Domestik, peran yang dilakukan sebagai seorang ibu rumah tangga, peran sebagai istri dan Peran sebagai Pendidik, Sedangkan Pengembangannya memerankan sebagai motivator. Kedua:Dari Ranah Publik, Peran yang dilakukan sebagai Pendidik, Organisatoris, Politikus, Manajerial, Inisiator dan Konseptor. Sedangkan Pengembangannya terbagi atas dua lingkup,yakni: 1) Lingkup Internal (di dalam Pondok Pesantren) meliputi: Mengubah Kurikulum supaya berorientasi pada kebutuhan Masyarakat dan menjadi kurikulum wajib belajar, Meningkatkan Mutu Dewan Guru, juga memperbaharui Sarana dan Prasarana. 2) Lingkup Eksternal (tingkat Banyuwangi) meliputi : Pembangunan Jalan Umum, Pembangunan Jembatan, Memetakan dan Menyusun anggaran pendidikan, Pembebasan Tanah Lapter Blimbing Sari Banyuwangi, dan Pembentukan Kaukus Perempuan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 13 Nov 2023 01:20
Last Modified: 13 Nov 2023 01:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29331

Actions (login required)

View Item View Item