طرير وسائل أندرويد لتعليم الخط النسخي التعويدي بالتطبيق على الطلبة بقسم تعليم اللغة العربية بالجامعة اإلسالمية الحكومية جمبر

اسر أمر اهلل, أحمد (2021) طرير وسائل أندرويد لتعليم الخط النسخي التعويدي بالتطبيق على الطلبة بقسم تعليم اللغة العربية بالجامعة اإلسالمية الحكومية جمبر. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
أحمد ياسر أمر اهلل_8009129880.pdf

Download (16MB)

Abstract

Kata Kunci: Android, Kaligrafi Naskhi, Media Pembelajaran. Pembelajaran tahsin al-khat naskhi merupakan mata kuliah yang diajarkan pada mahasiswa semester empat program studi Pendidikan Bahasa Arab di Institut Agama Islam Negeri Jember tahun pelajaran 2020/2021. Pembelajaran ini memiliki dua problem mendasar, yaitu keterbatasan media pembelajaran dan kualitas tulisan para mahasiswanya. Problem ini muncul disebabkan oleh beragamnya background mahasiswa, basis tulisan latin dan juga pendidik yang fokus di bidang kaligrafi. Berdasarkan masalah tersebut, maka fokus penelitian ini yaitu bagaimana pengembangan dan efektifitas media android untuk pembelajaran khat naskhi ta’widi pada mahasiswa PBA? Penelitian ini fokus pada mengembangkan media android untuk pembelajaran khat naskhi yang dirancang dengan menggunakan software Microsoft Power Point, Corel Draw X7, i-Spring Swite 8, Java, Website 2 APK Android App Builder dan menguji efektifitas produk tersebut kepada ahli media dan materi dan mahasiswa PBA. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berupa produk “Kitabahku Aplikasi menulis Arab untuk Pemula” sebagai alternatif untuk mempelajari khat naskhi yang lebih efektif dan sekaligus menyelesaikan masalah mendasar diatas. Penulis menggunakan model penelitan dan pengembangan ADDIE. Untuk pengumpulan data, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumen, angket dan test. Sementara untuk sumber data yaitu mahasiswa PBA semester empat yang sedang menempuh mata kuliah ini. Aplikasi ini penulis uji coba menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pada kualitatif, penulis telah mendapatkan data mengenai keefektifan para mahasiswa terhadap produk penulis, data tersebut penulis uji dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan rumus skala likert, analisis data angket, dan t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk yang dibuat telah selesai dirancang dan dikembangkan dengan menggunakan software Microsoft Power Point dan Corel Draw X. Sementara software i-Spring Swite 8, Java dan Website 2 APK Android App Builder digunakan untuk mengubah media yang telah dikembangkan menjadi aplikasi android. Hasil uji coba produk kepada para ahli media dan materi menunjukan bahwa produk telah memenuhi standart kelayakan. Sementara menggunakan t-test kepada mahasiswa PBA menemukan bahwa produk ini efektif dengan memperoleh nilai pre test 58 dan post test 93. Berdasarkan segnifikansi nilai t-table yaitu 0-5% (2,14) produk ini memperoleh nilai lebih tinggi dari t-table sebesar 8,1.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:46
Last Modified: 15 Nov 2023 02:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29448

Actions (login required)

View Item View Item