تطوير طريقة اإلنتقائية اللعبية في تدريس اللغة العربية لترقية مهارة القراءة في مدرسة المتوسطة اإلسالمية الضحى جمبر

مورتي هداية صالح, أغوستري راي (2021) تطوير طريقة اإلنتقائية اللعبية في تدريس اللغة العربية لترقية مهارة القراءة في مدرسة المتوسطة اإلسالمية الضحى جمبر. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
أغوستري راي مورتي هداية صالح_8007029880.pdf

Download (13MB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Eklektik Bermain, Bahasa Arab, Membaca Seorang guru yang memiliki kemampuan yang tinggi dalam penguasaan bahasa Arab tanpa dilengkapi dengan metode yang tepat sasaran, maka besar kemungkinan akan mempengaruhi motivasi belajar siswa dalam proses pengajaran bahasa Arab. Maka pengembangan metode pembelajaran bahasa Arab khususnya dalam kompetensi membaca perlu direncanakan dengan baik untuk menambah ketertarikan dan antusias siswa dalam belajar bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan Untuk menguji secara empiris variabelvariabel dalam penelitian yang telah dirumuskan dalam rumusan masalah, yaitu bagaimana kebutuhan siswa terhadap penelitian ini dan bagaimana hasil efektifitas dari pengembangan desain metode eklektik bermain dalam pembelajaran bahasa arab untuk meningkatkan kompetensi membaca para siswa. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE sebagai acuannya. Pengumpulan data penelitian melalui angket, observasi dan tes (pre-test dan post-test). Hasil data validasi dibagi menjadi tiga, yaitu: (1) Validasi metode pembelajaran sebesar: 86%, (2) Validasi materi pembelajaran sebesar: 96% , (3) Validasi media pembelajaran sebesar: 96%. Adapun data yang diperoleh dari pengisian angket siswa sebesar: 90,1%. Sedangkan data tes diperoleh dari penghitungan menggunakan SPSS 26 yang dijabarkan dalam “t tabel” yaitu sebagai berikut: Kesimpulan dari penelitian ini adalah nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rerata hasil pre-test dan post-test siswa kelas eksperimen. Maka dari hasil semua pengumpulan data penelitian, dinyatakan bahwa produk uji coba metode eklektik bermain dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan kompetensi membaca siswa dinyatakan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 20 Nov 2023 07:15
Last Modified: 20 Nov 2023 07:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29572

Actions (login required)

View Item View Item