PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC MENGGUNAKAN PIXTON PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK SISWA KELAS X 2 SMA NEGERI AMBULU TAHUN AJARAN 2023/2024

Setiawati, Yulis (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC MENGGUNAKAN PIXTON PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK SISWA KELAS X 2 SMA NEGERI AMBULU TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI-YULIS SETIAWATI-TADRIS BIOLOGI-T20178081.pdf

Download (12MB)

Abstract

Yulis Setiawati, 2023: Pengembangan Media Pembelajaran E-comic Menggunakan Pixton Pada Materi Ekosistem Untuk Siswa Kelas X 2 SMA Negeri Ambulu Tahun Ajaran 2023/2024.

Kata kunci : Media Pembelajaran, E-comic, Pixton, Ekosistem.

Pembelajaran yang monoton kenyataannya dapat menyebabkan proses pembelajaran menjadi membosankan. Sehingga penggunaan media pembelajaran dapat membantu dalam mengatasi hambatan-hambatan saat pembelajaran. Berdasarkan fakta yang telah ditemukan di sekolah SMA Negeri Ambulu mengungkapkan bahwa kurangnya minat belajar siswa dalam belajar sehingga menunjukkan siswa kurang dalam melakukan aktifitas pembelajaran yang dapat melatih kemampuan belajar siswa. Hal ini yang mendorong peneliti untuk mengembangkan media pembelajaran berupa e-comic yang dapat memudahkan siswa dan bisa dijadikan acuan untuk belajar di sekolah maupun belajar mandiri.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui kevalidan media pembelajaran e-comic menggunakan pixton pada materi ekosistem untuk siswa kelas X 2 SMA Negeri Ambulu Tahun Ajaran 2023/2024. 2) Untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran e-comic menggunakan pixton pada materi ekosistem untuk siswa kelas X 2 SMA Negeri Ambulu Tahun Ajaran 2023/2024. 3) Mengetahui keefektifan media pembelajaran e-comic menggunakan pixton pada materi ekosistem untuk siswa kelas X 2 SMA Negeri Ambulu Tahun Ajaran 2023/2024.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE dengan lima tahapan yaitu : 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yakni lembar pedoman wawancara, lembar angket validasi, lembar angket kebutuhan siswa, lembar angket respon siswa, dan lembar soal tes. Teknis analisis data yang digunakan yang digunakan yakni analisis kevalidan, analisis respon siswa, dan keefektifan hasil belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Media pembelajaran e-comic dinyatakan sangat layak digunakan dengan persentase kevalidan oleh ahli materi sebesar 91,25%, ahli media 96,58%, dan guru biologi 88,63%. 2) Hasil respon siswa dalam uji coba kelompok kecil terhadap media pembelajaran e-comic didapatkan persentase sebesar 91, 37%, dalam uji coba kelompok besar terhadap media pembelajaran e-comic didapatkan presentase sebesar 92,65%. 3) Hasil uji efektifitas menggunakan paired sample test dengan bantuan aplikasi SPSS diperoleh nilai sig sebesar 0,000<0,05 sehingga disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil kemampuan belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran e-comic. Sehingga media pembelajaran e-comic efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060207 Population Ecology
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Perpustakaan uinkhasjember
Date Deposited: 22 Nov 2023 06:13
Last Modified: 22 Nov 2023 06:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29652

Actions (login required)

View Item View Item