Pembelajaran Diferensiasi Pada Tema 5 Materi Cuaca Di Kelas III Sekolah Dasar Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember

Rohmah, Ainur (2023) Pembelajaran Diferensiasi Pada Tema 5 Materi Cuaca Di Kelas III Sekolah Dasar Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember. Masters thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
WATERMARK AINUR ROHMAH.pdf

Download (6MB)

Abstract

Ainur Rohmah, 2023. Pembelajaran Diferensiasi Pada Tema 5 Materi Cuaca di Kelas III Sekolah Dasar Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Pascasarjana Universitas Islam Negeri KH. Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. Andi Suhardi, M. Pd. Pembimbing II: Dr. Hj. Umi Farihah, M.M., M. Pd.
Kata Kunci: Pembelajaran Diferensiasi, Materi Cuaca.
Sekolah Dasar Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember menerapkan pembelajaran diferensiasi yang berawal dari sebuah kasus masih ada peserta didik dengan motivasi belajar internal yang rendah, Peserta didik hadir ke kelas bukan karena suatu panggilan atau dorongan dari dalam dirinya. Peserta didik melewati proses pembelajaran terkadang tidak sesuai dengan gaya belajarnya, selain karakter seseorang yang mempengaruhi gaya belajarnya, lingkungan juga ikut berpengaruh, baik lingkungan keluarga maupun lingkungan sekitarnya. Dari pemaparan tersebut bahwasanya pembelajaran diferensiasi sangat dibutuhkan saat ini untuk menunjang berbagai karakteristik peserta didik.
Fokus penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana proses (process) pembelajaran diferensiasi pada tema 5 Materi Cuaca di Kelas III Sekolah Dasar Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember?. (2) Bagaimana konten (content) pembelajaran diferensiasi pada tema 5 Materi Cuaca di Kelas III Sekolah Dasar Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember?. (3) Bagaimana produk (product) pembelajaran diferensiasi pada tema 5 Materi Cuaca di Kelas III Sekolah Dasar Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember?
Penelitian ini menggunakan teori Caroll Ann Tomlinson tentang pembelajaran diferensiasi. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini di Sekolah Dasar Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember. Penentuan informan menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teori Miles, Hubermen dan Saldana yaitu: kondensasi data, menyajikan data, menarik kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangualasi teknik dan member cek.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Proses pembelajaran diferensiasi pada tema 5 materi cuaca di kelas III SD Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember, peserta didik dapat memahami materi pembelajaran dengan cara bekerja sama dengan kelompok belajarnya untuk mencapai tujuan pembelajaran. 2) Konten pembelajaran diferensiasi pada tema 5 materi cuaca di kelas III Griya Mangli Indah Jember, peserta didik mendapatkan akses informasi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan belajarnya. 3) Produk pembelajaran diferensiasi pada tema 5 materi cuaca di kelas III Griya Mangli Indah Jember, peserta didik dapat mengekspresikan pembelajaran dengan memperluas apa yang telah di pelajari dalam proses pembelajaran dengan membuat hasil pemahamannya berbentuk mini vlog, gambar cuaca, dan permainan yang berhubungan dengan materi cuaca.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Depositing User: Miss Ainur Rohmah
Date Deposited: 27 Nov 2023 03:38
Last Modified: 27 Nov 2023 03:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29719

Actions (login required)

View Item View Item