Yazid, Mohammad (2023) Penerapan marketing syariah dalam meningkatkan penjualan telur asin di UMKM Madina desa krai kecamatan yosowilangun kabupaten lumajang. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.
Text
MOHAMMAD YAZID_E20194041.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kata kunci : Marketing Syariah, Penjualan, Nilai-nilai syariah.
Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan unit usaha produktif yang
berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha. UMKM
masih memiliki berbagai permasalahan seperti kekurangan modal, SDM rendah,
kemampuan pemasaran masih belum optimal dan promosi masih terbatas. Salah
satu permasalahan yang perlu dioptimalkan adalah pemasaran (marketing). Oleh
sebab itu, diperlukanya suatu konsep pemasaran yang baik dengan menerapkan
nilai-nilai islami di dalamnya yang disebut marketing syariah. UMKM Madina
merupakan UMKM yang merubah pemasaran konvensional menjadi marketing
syariah dalam menghadapi persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
kesesuaian teori marketing syariah dan untuk mengetahui penerapan marketing
syariah dalam peningkatan penjualan telur asin yang terjadi di UMKM Madina di
Desa Krai Sentono, Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang.
Pendekatan yang akan dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif
dan termasuk jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara serta dokumentasi. Analisis data dibagi
atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Marketing Syariah di UMKM
Madina Desa Krai, Kecamatan Yosowilangun dengan berlandaskan konsep
syariah marketing Value sudah cukup baik dengan memiliki karakteritik teitis,
etis, realistis dan humanis pada segi Brand/mek, pelayanan dan proses. temuan
kekurangan dari UMKM Madina terletak pada Brand-nya yang masih dalam
proses sertifikasi halal sehingga Value-nya masih kurang.Penerapan marketing
syariah dalam peningkatan penjualan telur asin di UMKM Madina menunjukkan
peningkatan penjualan walaupaun tidak signifikan. Peningkatan penjualan
ternyata dipengaruhi oleh faktor lain, seperti perubahan lingkungan bisnis seperti
peningkatan harga bahan baku sehingga berimbas pada kuantitas penjualan dan
keuntungan yang didapat. Penerapan makrketing syariah pada UMKM Madina
justru meningkatkan loyalitas konsumen serta meperluas jaringan pemasaran
dengan bertambahnya distributor.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Depositing User: | Yazid Mohammad Yazid |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 04:03 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 04:03 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30047 |
Actions (login required)
View Item |